Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Bocoran Strategi dan Trik Jadi Youtubers Sukses

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 18:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 02 207 2050733 ini-bocoran-strategi-dan-trik-jadi-youtubers-sukses-eJ3FPQlOk3.jpg (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA - InewsTV dan Inews.id yang merupakan usaha di bawah naungan MNC Group mengadakan mobile journalism‎ workshop untuk sejumlah mahasiswa dari beberapa universitas, pada hari ini. Workshop tersebut mengangkat tema 'Junalis Era Digital' bekerjasama dengan pihak Youtube yang merupakan bagian dari mobile Journalist Competition (Mojoc2019).

Workshop yang digelar di Conference Hall Inews Tower tersebut menguliti tentang bagaimana cara menjadi kreator video di dalam Youtube yang sukses. Ada beberapa poin yang dibagikan oleh ‎dua pejabat Youtube Indonesia dalam workshop tersebut.

Country Manager Strategic Partnership Youtube Indonesia, Geri Azriel Siddik menjelaskan, ada ‎sepuluh poin yang harus diperhatikan dalam membuat konten atau video dalam Youtube. Sepuluh poin di antaranya, shareability, conversation, interactivity, consistency, targeting, sustainable, discoverabilty, accessibility, collaboration, dan inspiration.

Namun, menurut Geri, bagi pemula yang baru akan membuat konten video di YouTube, utamanya harus memperhatikan shareability atau konten video yang bisa dibagikan. Kemudian konsistensi dan discoverability atau video yang mudah ditemukan serta banyak dicari.

 

"Menjadi YouTube kreator yang sukses di Indonesia mungkin tadi satu yang paling penting adalah konsistensi di Youtube, ‎‎konsistensi dari segi jadwal, format konten, atau personality-nya. Intinya, adalah bagaimana cara kita buat orang pengen subscribe dengan konsistensinya itu," papar Geri di Gedung Inews Tower, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Sementara itu, rekan Geri yang juga merupakan Country Manager Strategic Partnership Youtube Indonesia, Wafa Taftazani menjelaskan, untuk membuat konten video yang menarik maka para pemula harus mengerti keahlian yang dimilikinya. Misalnya, konten tersebut harus mempunyai ciri khas atau pembeda dari yang lain.

"Sebenarnya yang utama dari segi konten mereka harus sangat mengenal keahlian mereka untuk membuat konten seperti apa. Jadi jangan sekedar ngikutin konten yang lagi tren. Tapi bisa menemukan konten yang unik‎ itu kuncinya," ungkap Wafa di lokasi yang sama.

Tak hanya itu, sambung Wafa, untuk membuat konten yang menarik dan memiliki banyak subscriber, kreator harus mampu menganalisis video-video yang berkembang. Kreator atau pembuat video juga harus menguasai data serta tools-tools dalam Youtube.

"Dari segi kemampuan analytic, jadi kreator bukan hanya sekedar bikin konten tapi harus bisa menguasai data dan tools yang ada di YouTube, mengenai impresion, mengenai views, mengenai watchtime, kreator harus bisa mengidentifikasi mana konten yang werks berdasarkan data yang mereka punya," terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh, Pembawa Acara atau Presenter MNCTV, Tommy Tjokro yang hadir sebagai pembicara dalam workshop tersebut. Tommy menjelaskan lebih kepada pembawaan atau penampilan orang ketika menjadi vlogger serta cerita yang akan dibuat dalam konten video.

"Kalau saya lebih fokus kepada story telling dan juga bagaimana untuk tampil di depan kamera‎ agar semua benar, benar dalam arti informasinya tepat sasaran, padat, dan juga berisi," jelas Tommy.

Dikatakan Tommy, untuk menghasilkan penampilan menarik dalam sebuah video, maka seseorang perlu memperhatikan unsur kedekatan dengan orang yang akan menonton. Sehingga, video yang dibuat tersebut ‎dapat terasa lebih hidup dan terkenang.

"Yang pasti unsur kedekatan‎ siapapun yang akan tampil di depan kamera baik itu gadget ataupun kamera lainnya bisa dekat dengan siapapun yang menonton dan itu saya rasa menunjang selain konten yang baik," ungkapnya.

 

Baca juga: WhatsApp Web Bakal Hadirkan Fitur Panggilan Telefon?

(ahl)

Berita Terkait

youtube

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini