SpaceX: Kapsul Crew Dragon Hancur saat Uji Coba

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 13:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 03 56 2051037 spacex-kapsul-crew-dragon-hancur-saat-uji-coba-inWglCGjXv.jpg (Foto: Associated Press)

JAKARTA - SpaceX secara resmi mengonfirmasi pada Kamis bahwa salah satu kapsul Crew Dragon hancur ketika menjalani uji coba. Kapsul tersebut diciptakan untuk misi pesawat luar angkasa berawak.

Dilansir Engadget, Jumat (3/5/2019), update dari perusahaan mengonfirmasi laporan terkait tes yang gagal pada 20 April. SpaceX belum memberikan rincian lebih lanjut tentang insiden itu selain mengatakan itu adalah hasil dari "anomali."

Perusahaan masih bergerak maju dengan rencana untuk meluncurkan kapsul Crew Dragon lain yang akan berlabuh dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Selama pengarahan tentang insiden itu, presiden SpaceX dari misi penjamin Hans Koenigsmann menyoroti seberapa banyak dari tes berjalan dengan benar. Kapsul Dragon diaktifkan seperti yang diharapkan dan pendorong Draco pada Cargo Dragon ditembakkan dengan sukses masing-masing selama lima detik.

 

Menurut Koenigsmann, anomali terjadi sesaat sebelum menembakkan mesin SuperDraco. Baik SpaceX dan NASA sedang meninjau data telemetri dan informasi lain yang dikumpulkan dari uji coba penembakan untuk menentukan apa yang sebenarnya salah.

Bagi SpaceX, kehilangan kendaraan merupakan kemunduran kecil tetapi signifikan. Crew Dragon yang hancur dalam tes adalah kendaraan yang sama, yang berhasil merapat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Maret.

Baca juga: Asus Zenfone 6 Bakal Tampil Tanpa Poni dan Bezel?

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini