Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot InSight Milik NASA Deteksi Sinyal Gempa di Mars

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 04 Mei 2019 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 03 56 2051044 robot-insight-milik-nasa-deteksi-sinyal-gempa-di-mars-0rh9Z6KY0B.jpg Ilustrasi Mars (Foto: The National Geographic)

JAKARTA- Robot InSight milik NASA telah mendeteksi sinyal dari gempa di Mars atau yang disebut marsquake. Diketahui, sinyal-sinyal tersebut direkam pada 6 April 2019 dan tampaknya menjadi pendeteksi aktivitas seismik pertama di Mars.

Dilansir dari laman The Guardian, Sabtu (4/5/2019) sinyal-sinyal tersebut mirip dengan profil gempa di Bulan yang terdeteksi dengan seismometer yang tersisa di permukaan Bulan oleh Astronot Apollo 50 tahun lalu. Gempa tersebut tampak menghasilkan hasil yang lebih besar daripada guncangan pesawat ruang angkasa karena angin Mars. Akan tetapi lebih kecil dari getaran yang disebabkan oleh gerakan lengan robot pesawat ruang angkasa itu.

 Robot InSight

Baca Juga: Asus Zenfone 6 Bakal Tampil Tanpa Poni dan Bezel?

Bahkan sinyal yang lebih samar dari kemungkinan marsquake direkam pada 14 Maret dan 10 dan 11 April. Di Bumi, sinyal sebesar ini bahkan tidak akan terdeteksi dengan latar belakang kebisingan seismik yang dihasilkan di dalam planet kita setiap hari.

Untuk informasi, InSight mendarat di Mars pada 26 November 2018 dan menggelar seismometer beberapa minggu kemudian. SEIS (Seismic Experiment for Interior Structure) dirancang dan diproduksi oleh CNES, lembaga ruang angkasa Perancis. SEIS memang dirancang untuk mendeteksi dampak meteorit dan getaran permukaan Mars sebagai respons terhadap fenomena cuaca seperti badai debu Mars.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini