Pasar Smartwatch Meningkat Tahun Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 05 Mei 2019 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 04 57 2051415 pasar-smartwatch-meningkat-tahun-ini-rnnpMHiOOH.jpg Ilustrasi Apple Watch (Foto: The Wire Cutter)

JAKARTA- Pasar jam tangan pintar semakin meningkat tahun ini. Bahkan dalam empat bulan pertama tahun ini mencapai 48 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Laporan tersebut diketahui dari data Counterpoint Research.

Dilansir dari laman GSM Arena, Minggu (5/5/2019) dari banyaknya vendor yang bermain dalam pasar jam tangan pintar, Apple menduduki peringkat paling atas. Adapun pangsa pasar yang diraih Apple dalam pasar ini yakni 35,8 persen.

Disisi lain, Samsung menduduki peringkat kedua dengan perolehan pangsa pasar 11 persen. Sementara itu, vendor asal China Imoo mendapatkan pangsa pasar 9,2 persen yang membuatnya menduduki peringkat ketika.

Galaxy Active

Baca Juga: Apple Watch Pimpin Pasar Smartwatch di Q1 2019

Bisnis jam tangan pintar memang tampaknya tumbuh cukup baik. Apalagi sekarang ini, perangkat menawarkan tampilah dan fitur yang beragam. Lebih khusus lagi, analis Counterpoint Sujeong Lim mengatakan bahwa tampilan bundar tradisional yang digabungkan dengan dengan peningkatan baterai dan konektivitas LTE berhasil menempatkan Galaxy Active terbaru Samsung diminati pengguna Android.

Sementara itu, menurut Counterpoint Satyajit Sinha, salah satu nilai jual utama dengan jam tangan Seri 4 terbaru Apple adalah banyaknya fitur yang berhubungan dengan kesehatan, yang dipimpin oleh sensor elektrokardiograf (EKG). Apple juga berupaya menghadirkan dukungan untuk fitur ECGnya ke lebih dari 20 negara baru termasuk Hong Kong, Prancis, Inggris, dan Jerman.

Pelacakan NFC, GPS, dan kebugaran adalah fitur lain yang sangat dicari untuk pembeli jam tangan pintar dan dianggap sebagai pendorong utama tingkat adaptasi yang terus meningkat.

Apple

Baca Juga: Robot InSight Milik NASA Deteksi Sinyal Gempa di Mars

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini