Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Ini Akan Jadi Penumpang SpaceX Pertama ke Bulan?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 06 56 2052190 miliarder-ini-akan-jadi-penumpang-spacex-pertama-ke-bulan-GWJpUjAT5B.jpg Ilustrasi SpaceX (Foto: Space)

JAKARTA- Miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa dikabarkan akan menjadi penumpang pertama roket StarsX milik SpaceX yang akan terbang ke Bulan pada 2023. Paling mengejutkan, baru-baru ini Maezawa mengklaim jika dirinya tidak bisa melakukan perjalanan tersebut dikarenakan bangkrut.

Dilansir dari laman Medical Daily, Selasa (7/5/2019) Maezawa memiliki kekayaan sekira USD1,9 miliar pada awal 2019. Akan tetapi dirinya mengakui telah kehilangan USD700 juta dari jumlah awal.

"Ya, saya tidak pernah punya uang karena saya selalu membelanjakannya," kata Maezawa dalam postingan Twitternya.

Akan tetapi keseriusan Maezawa tampak diragukan, pasalnya ia telah menambahkan emoji tertawa setelah pernyataan tersebut. Angga penggurangan USD700 juta memang tampak tidak begitu banyak, karena jumlah kekayaannya masih berada diatas USD1 miliar.

Kekayaan orang yang pernah masuk daftar Forbes ini tercatat hingga USD3 miliar pada September 2018. Dia pecintas seni dan banyak membelanjakan uangnya untuk membeli lukisan terkenal. Bahkan ia pernah menghabiskan USD98 juta selama dua hari untuk membeli karya seni mahal di Sotheby dan Christie's. Dia menghabiskan USD110,5 juta untuk memecahkan lukisan oleh pelukis Amerika Jean-Michel Basquiat.

 Miliarder jepang

Baca Juga: Instagram Ramaikan Ramadan dengan Filter dan Stiker Baru

Lukisan yang dimaksud adalah Basquiat's "Untitled" yang menggambarkan salah satu tanda tangan kepala seniman yang dinobatkan dengan latar belakang biru yang cerah. Akuisisi oleh Maezawa pada Mei 2016 memecahkan rekor pelelangan artis sebelumnya sebesar $ 57,3 juta yang ditetapkan pada Mei 2017. Lukisan itu sekarang menghiasi gedung Maezawa di kota kelahirannya di Chiba, Jepang.

Tahun lalu, Maezawa telah membeli tiket sebagai penumpang pribadi di pesawat pariwisata Space X pertama. Masih belum diketahui apakah SpaceX akan mengembalikan uangnya jika dirinya mengakui bangkrut.

Meskipun demikian, jika dirinya jadi terbang ia akan mengelilingi Bulan di atas pesawat ruang angkasa StarsX pada 2023, yang membawa kru, tingkat atas Starship atau Super Heavy. Misi circumlunar ini akan memakan waktu lima hari dan 23 jam untuk menyelesaikannya.

Maezawa mengatakan dia akan membawa enam hingga delapan seniman bersamanya sebagai bagian dari proyek seni yang ia ciptakan bernama #dearMoon. Perjalanan Maezawa akan menjadi misi pertama ke Bulan sejak Apollo 17 pada tahun 1972.

Space X

Baca Juga: Mau Beli Ponsel Premium, Galaxy S10 Plus dan iPhone XS Max Bagus Mana?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini