Robot AI di China Bisa Uji Rasa Makanan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 56 2052217 robot-ai-di-china-bisa-uji-rasa-makanan-yOvwHZ7IMZ.jpg Ilustrasi (Foto: Robotic Industries Asociation)

JAKARTA- Berkat perkembangan teknologi sekarang ini semuanya menjadi serba canggih. Bahkan Robot pun mampu mencicipi makanan dan menguji rasa. Hal tersebut dapat dilakukan karena robot dilengkapi dengan Artificial Intelligent (AI) atau Kecerdasan Buatan.

Dilansir dari laman Scmp, Selasa (7/5/2019) robot penguji rasa ini digunakan di China untuk menjamin kualitas dan keaslian beberapa makanan yang diproduksi masal. Hal tersebut diketahui dari laporan yang disampaikan kepada pemerintah pusat China bulan lalu.

Lebih dari 10 produsen makanan tradisional Tiongkok yang telah mengambil bagian dalam program pencicipan AI yang didanai pemerintah selama lebih dari tiga tahun melaporkan keuntungan yang jauh lebih baik. Dewan Industri Cahaya Nasional China mengatakan dalam melaporkan makanan yang dicicipi oleh robot termasuk perut babi, cuka beras hitam, mie kering, anggur kuning dan teh Cina.

Chinese Food

Baca Juga: Instagram Ramaikan Ramadan dengan Filter dan Stiker Baru

Dikatakan robot telah meningkatkan laba pabrikan lebih dari 300 juta yuan atau USD44,5 juta sejak 2015. Robot dengan AI tersebut diletakan diberbagai titik di sepanjang jalur produksi untuk memantau keadaan makanan dari bahan baku hingga produk akhir.

Robot-robot tersebut juga dilengkapi dengan sensor listrik dan optik untuk mensimulasikan mata, hidung, dan lidah manusia, dengan otak yang menjalankan algoritma jaringan saraf, yang mencari pola dalam data.

Robot

Baca Juga: Keunggulan Kamera Galaxy S10 yang Belum Banyak Diketahui

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini