Menguji Video Kamera Galaxy S10 Series Tetap Fokus dan Stabil

Amril Amarullah, Jurnalis · Minggu 12 Mei 2019 12:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 12 92 2054659 menguji-video-kamera-galaxy-s10-plus-tetap-fokus-dan-stabil-x9OaQ2aZma.jpg Samsung Galaxy S10 Plus (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Samsung baru-baru ini meluncurkan seri terbarunya, yakni Galaxy S10 Series. Bukan hanya satu, tetapi tiga sekaligus, seri S10e, S10, dan S10 plus. Okezone.com tidak ketinggalan mendapat kesempatan untuk bisa merasakan langsung satu dari tiga seri tersebut, yakni S10 plus yang merupakan kelas tertinggi. Lalu bagaimana performa ponsel dengan harga selangit itu.

Kali ini Okezone akan merasakan penggunaan kamera videonya. Kenapa video? Menurut data Indonesia Digital Landscape 2019 dari Hootsuite, YouTube menjadi ‘The Most Active Social Media Platform’ di Indonesia, ada 88% pengguna internet mengakses YouTube. Temuan ini diperkuat dengan fakta bahwa sekitar 98% pengguna internet di Indonesia menonton video pada telepon seluler mereka.

Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka ini melonjak tajam hingga 2 kali lipat, di mana pada 2017 hanya sekitar 43% pengguna internet di Indonesia yang menonton video pada telepon seluler. Dengan kecanggihan kamera yang dimilikinya, Samsung Galaxy S10 series hadir sebagai alat yang diperuntukkan bagi Next Generation sebagai penikmat dan pencipta konten video.

 

Rangkaian Samsung Galaxy S10 hadirkan fitur unggul Pro-Grade Camera dengan multiple camera dilengkapi AI pada fitur (Scene Optimizer, Intelligent Live Focus, dan Smart Composition) serta camcorder dengan keunggulan, HDR10+, Super Steady serta Intelligent Performance.

Kemampuan merekam 10 bit, Galaxy S10 dapat menghadirkan kekentalan warna layaknya camcorder profesional. Teknologi ini mampu membantu proses editing, terutama saat color grading sehingga hasil akhir video tidak pecah. Termasuk keunggulan fitur Ultra Wide Angle yang dapat memperluas sudut pandang pengambilan gambar.

Super Steady pada kamera adalah fitur lain yang demikian hebat karena memungkinkan perekaman video dengan mulus, menstabilkan perekaman gambar meski objek video bergerak, hingga cuplikan video yang dihasilkan terlihat halus tanpa goncangan berarti.

Ini sungguh sebuah lompatan inovasi pada sebuah smartphone yang sangat berguna bagi pemula bahkan profesional sekalipun.

Fitur ini mampu menghasilkan video yang stabil, meski direkam dalam kondisi guncangan. Video ini keren banget dan yang perlu diketahui video ini hanya bisa jalan pada full HD dengan menggunakan lensa ultra wide dan paling direkomendasikan digunakan di tempat yang pencahayaannya baik.

Okezone pun ketika mencoba dan merasakan langsung Galaxy S10 plus. Nah, untuk urusan kamera, Samsung Galaxy S10 series bisa dibilang meningkat cukup signifikan. Setelah sebelumnya pada Galaxy S9 diperkenalkan fitur perekaman “Slow Motion”, kini di Galaxy S10 series fitur ditingkatkan menjadi “Super Slow Motion”.

Frame rate-nya masih 960 fps di resolusi hinggga 720p. Hanya saja, jika sebelumnya perekaman diambil 0,2 detik, kini menjadi 0,4 detik. Bisa pula untuk 0,8 detik, tetapi fps-nya menurun.

Untuk outdoor menghasilkan hasil gambar yang tetap bagus, karena sambil lari tetap saja menghasilkan gambar yang stabil. Fitur kamera yang juga baru adalah “HDR+”, “Ultra Wide Angle”, hingga “Artistic Live Focus”.

Video zoom sesion tergolong baik, apalagi dalam kondisi banyak cahaya, sangat smoot sekali. Intinya kualitas kamera belakang yang utama sudah termasuk baik untuk smartphone kelas flagship. Ditambah lagi ada bagian yang sangat mengejutkan yakni fitur 'super slow motion', keren abis.

 

Spesifikasi Kamera

Seperti diketahui, seri terbaru Samsung dari lini smartphone flagship-nya ini memiliki perangkat dilengkapi dengan empat kamera, tiga di bagian belakang dan satu yang tertanam di tengah layar.

Kamera depan yang tertanam di lubang kecil Samsung Galaxy S10 adalah kamera 10 MP untuk swafoto. Di bagian belakang, ada sebuah kamera telefoto 12 MP yang mampu memperbesar gambar hingga dua kali, kamera sudut lebar 12 MP, dan sebuah kamera sudut ultra-lebar 16 MP.

Kamera ultra-lebar tersebut mampu menangkap sudut pandang 123 derajat, seperti mata manusia. Kehadiran fitur ini juga memberikan hasil foto panorama. (ahl)

Baca juga: Rekomendasi 4 Ponsel Terbaru Harga Rp1 Jutaan di 2019

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini