Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mark Zuckerberg Tanggapi Kritikan Chris Hughes soal Monopoli Aplikasi Media Sosial

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 12:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 13 207 2054995 mark-zuckerberg-tanggapi-kritikan-chris-hughes-soal-monopoli-aplikasi-media-sosial-KAiZgTLCBc.jpg CEO Facebook, Mark Zuckerberg (Foto: NPR)

JAKARTA - Salah satu pendiri Facebook dan mantan teman asrama Mark Zuckerberg, Chris Hughes belum lama ini mengungkapkan kritikannya terhadap Facebook. Dia mengungkapkan jika perusahaan tersebut telah memonopoli media sosial dengan penggabungan antara Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Hughes juga mendukung sejumlah anggota Kongres yang juga memimpin sikap anti-trust atau anti-monopoli untuk memecah perusahaan teknologi raksasa itu dan peraturan privasi federal. Dilansir dari laman Tech Crunch, Senin (13/5/2019) Zuckerburg pun menanggapi kritikan tersebut dan menyebutkan jika pemecahan perusahaan tidak menyelesaikan apapun.

Argumen Zuckerberg bermuara pada gagasan bahwa masalah khusus Facebook dengan privasi, keamanan, informasi yang salah, dan tidak akan langsung diatasi dengan memecah perusahaan. Ia juga menambahkan jika pemecahan perusahaan nantinya malah akan benar-benar menghambat upayanya untuk melindungi jejaring sosialnya.

Keluarga aplikasi Facebook secara teoritis akan memiliki skala ekonomi yang lebih sedikit ketika berinvestasi dalam teknologi keamanan seperti kecerdasan buatan untuk mengenali bot yang menyebarkan konten penindasan pemilih.

Facebook

Baca Juga: Mark Zuckerberg Dikritik Salah Satu Pendiri Facebook 'Chris Hughes'

Hughes mengklaim bahwa akuisisi dan penggandaan Facebook yang merajalela membuatnya begitu dominan sehingga menghalangi persaingan. Panggilan itu menggemakan eksekutif awal lainnya seperti presiden pertama Facebook Sean Parker dan kepala pertumbuhan Chamath Palihapitiya yang telah membangkitkan kekhawatiran tentang bagaimana jaringan sosial yang mereka bangun berdampak pada masyarakat.

Namun Zuckerberg berpendapat bahwa ukuran Facebook menguntungkan publik. “Anggaran kami untuk keselamatan tahun ini lebih besar dari seluruh pendapatan perusahaan kami ketika kami go public awal dekade ini. Banyak dari itu karena kami dapat membangun bisnis yang sukses yang sekarang dapat mendukungnya. Anda tahu, kami berinvestasi lebih banyak dalam hal keselamatan daripada siapa pun di media sosial,” kata Zuckerberg.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini