Jeff Bezos Pamer Wahana untuk Misi Pendaratan ke Bulan

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 11:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 13 56 2054962 jeff-bezos-pamer-wahana-untuk-misi-pendaratan-ke-bulan-s3YzT304nm.jpg (Foto: AP)

JAKARTA - Pengusaha sekaligus miliarder, Jeff Bezos, pada Kamis memamerkan peraga wahana untuk misi pendaratan di bulan yang tengah dibangun oleh perusahaan roket miliknya, Blue Origin. Tujuan misi ke bulannya adalah sebuah strategi yang ditujukan untuk mewujudkan dorongan pemerintah Trump untuk mendirikan sebuah lokasi pemukiman di bulan hanya dalam jangka waktu lima tahun.

Orang terkaya di dunia dan CEO Amazon.com Inc, Jeff Bezos melambaikan tangannya dan sebuah kain hitam penutup di belakangnya menyingkapkan contoh wahana pendarat di bulan setinggi bangunan dua tingkat dari wahana pendarat nirawak yang dinamakan Blue Moon dalam sebuah presentasi selama satu jam di balai sidang di Washington hanya beberapa blok dari Gedung Putih.

 Jeff Bezos Pamer Wahana untuk Misi Pendaratan ke Bulan

Wahana pendarat ini akan mampu untuk mengirimkan muatan ke permukaan bulan, menggelar hingga empat kendaraan penjelajah berukuran kecil dan meluncurkan satelit-satelit untuk mengorbit bulan, ujar Bezos kepada para hadirin, termasuk para pejabat NASA dan pelanggan potensial Blue Moon.

Acara yang dipadati media ini adalah respon terhadap pengumuman yang dibuat oleh Wapres AS, Mike Pence, tanggal 26 Maret yang mengungkapkan rencana NASA untuk membangun sebuah platform antariksa di orbit bulan dan mengirimkan astronot-astronot Amerika ke kutub selatan bulan menjelang tahun 2024 “dengan cara apapun juga,” empat tahun lebih awal dari yang sebelumnya direncanakan.

“Saya suka tantangan ini,” tutur Bezos terkait jadwal waktu yang dicanangkan oleh Pence. “Kami dapat membantu untuk memenuhi jadwal tersebut secara tepat waktu semata-mata karena kami telah memulainya sejak tiga tahun yang lalu. Saatnya kembali ke bulan, dan sekarang untuk tinggal.”

Meskipun Bezos sepenuh hati mendukung jadwal waktu yang dicanangkan oleh Pence, miliarder tersebut berulang kali menjadi sasaran kritik oleh Presiden Donald Trump, yang mencemoohnya dan memanggilnya Jeff “Bozo.” Bezos juga adalah pemilik Washington Post, yang sering menjadi sasaran Trump dalam serangannya terhadap media berita.

Namun dalam misi pendaratan ke bulan Trump dan Bezos memiliki pandangan yang sama. Tahun 2017, Trump menyatakan misi untuk kembali ke bulan menjadi prioritas utama untuk program antariksa AS, dengan mengatakan misi untuk mengirimkan astronot kembali untuk mendarat di bulan akan menjadi dasar untuk sebuah perjalanan yang pada akhirnya akan membawa manusia ke planet Mars. Apabila terpilih kembali tahun depan, 2024 akan menjadi tahun terakhir sepenuhnya bagi Trump sebagai presiden.

Dalam presentasinya, Jeff Bezos memamerkan mode dari salah satu kendaraan penjelajah yang dipamerkan, kurang lebih seukuran kendaraan pengangkut pemain golf, dan juga mempresentasikan sebuah mesin roket yang baru yang disebut BE-7, yang dapat menyemburkan tenaga dorong sekuat 4.535 kg.

 Jeff Bezos Pamer Wahana untuk Misi Pendaratan ke Bulan

Baca juga: Fosil Berusia 15 Juta Tahun Ungkap Bentuk Gigi Kadal Purbakala

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini