Perbandingan Kamera Foto Mode Malam Vs Foto Otomatis

Amril Amarullah, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 14:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 13 57 2055040 perbandingan-kamera-foto-mode-malam-vs-foto-otomatis-17oYzgCDOv.jpg Samsung Galaxy S10 series (foto: 9to5google.com)

SOUL - Samsung baru-baru ini resmi mengeluarkan varian terbarunya Galaxy S10 Series. Tidak tanggung-tanggung, Samsung langsung mengeluarkan tiga varian, yakni S10e, S10, dan S10 Plus.

Pada saat bersamaan Samsung juga mengumumkan fitur mode khusus malam hari di varian S10 Plus. Ini membuktikan keseriusan Samsung mendukung aktivitas fotografi minim cahaya yang sedang menjadi tren baru di smartphone high-end. (Baca Juga: Menguji Video Kamera Galaxy S10 Tetap Fokus dan Stabil)

Sayangnya, seperti dilansir dari sammobile.com bahwa tidak semua mode malam disematkan dalam seluruh varian. Selang bebarap minggu setelah peluncuran, Samsung membuktikan komitmennya dengan menghadirkan fitur terbaru mode malam di seluruh varian, baik S10e dan S10.

Samsung Galaxy S10

Dengan demikian, pembaruan ini hadir untuk seluruh versi Galaxy S10 yaitu Galaxy S10e, Galaxy S10 reguler, dan Galaxy S10 Plus. Pembaruan tersebut bisa diunduh melalui menu software update yang bisa anda temukan pada pengaturan ponsel.

Ketika Okezone mencobanya, fitur ini memang betul-betul berguna untuk menangkap gambar lebih terang dan terlihat, meski dalam kondisi objek gelap atau minim cahaya.

(Baca Juga: Galaxy S10 Kembalikan Pasar Samsung di China)

Mode malam pada Galaxy S10 dengan pembaruan terbaru pada dasarnya adalah fitur Bright Night yang dimiliki trio Galaxy S10 saat diluncurkan.

Kini Samsung memisahkan bright night dan membuatnya menjadi "night mode" secara terpisah dari fitur Scene Optimizer. Sehingga, memberikan opsi kepada pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode tersebut untuk settingan foto otomatis atau manual.

Samsung Galaxy S10

Itulah sebabnya mode malam sangat berguna karena pengguna dapat mencari lokasi dimana saja yang inginkan, bahkan ketika mode pemotretan di malam hari gelap minim cahaya otomatis itu akan tetap stabil. Itulah yang dilakukan Samsung untuk melihat bagaimana gambar mode malam dibandingkan dengan yang dipotret dalam mode foto otomatis, sehingga dapat diketahui hasilnya perbedaan signifikan yang dibuat mode malam.

Samsung Galaxy S10

(Samsung Galaxy S10 Series mode Malam/Foto: TechRadar)

Detail dan Kecerahan Tinggi

Seperti diketahui, foto mode malam memang lebih terang daripada foto biasa dan juga cenderung memiliki gambar yang lebih detail. Contoh saat mengambil detail gambar pohon, jika dalam mode otomatis dedaunan semuanya kotor, mode malam cenderung menambah detail yang lebih halus dan terang.

Kendati demikian, tidak semua foto yang diambil dalam mode malam terlihat lebih baik daripada versi otomatis, bahkan jika itu lebih terang. Hanya saja, di atas kertas, mode malam untuk Galaxy S10 akan memosisikan Samsung setara dengan Huawei dan Google. Meski demikian, performa gambar di kondisi cahaya minim pada Galaxy S10 belum sebaik Night Mode milik Huawei, namun sudah mendekati.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini