Bikin Prosesor A13, Apple Siap Hadirkan iPhone 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 13 57 2055211 bikin-prosesor-a13-apple-siap-hadirkan-iphone-2019-TXLB61v1Td.jpg (Foto: Reuters/Stephen Lam)

JAKARTA - Laporan baru mengungkapkan jika Apple siap untuk memproduksi iPhone 2019. Bahkan saat ini perusahaan asal Cupertino tersebut tengah membuat prosesor generasi terbarunya yang dijuluki SoC A13.

"Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) telah memulai produksi chip baru untuk peluncuran iPhone berikutnya dari Apple Inc. akhir tahun ini," lapor Bloomberg, seperti dikutip dari Business Time, Senin (13/5/2019).

Lengkapnya pada awal April 2019, TSMC telah mulai pada tahap pengujian rute produksi A13. Kemudian kalender manufaktur perusahaan juga menunjukan proses sedang berjalan sesuai rencana.

Menariknya ada kemungkinan hadirnya iPhone 5G, karena kesepakatan Apple dan Qualcomm baru-baru ini. Ponsel kabarnya akan dirilis secara resmi pada 2020 awal.

Bloomberg selanjutnya mengklaim, akan menemukan jalannya pada tiga versi iPhone yang dijadwalkan untuk debut pada kuartal terakhir tahun 2019. Mengutip nama orang dalam Apple yang tidak disebutkan namanya, laporan yang sama menunjukkan bahwa model handset yang sedang dikerjakan diberi nama kode D43, D44 dan N104.  Dua kode pertama merujuk pada sekuel iPhone XS dan XS Max.

N104 di sisi lain merupakan perangkat untuk menggantikan iPhone XR, yang telah diperkenalkan Apple pada akhir 2018 sebagai model anggarannya.

Ketiganya akan menggunakan bahasa desain yang digunakan pada pendahulunya masing-masing. Pengganti untuk iPhone XS dan XS Max akan dilengkapi dengan sistem tiga kamera di bagian belakang dan mungkin akan menghadirkan baterai yang lebih besar.

Skenario terakhir dikemukakan oleh klaim Bloomberg bahwa handset D43 dan D44 akan lebih tebal sekitar setengah milimeter.

Masih belum diketahui kapan tepatnya tanggal rilis iPhone 2019, tetapi biasanya Apple menetapkannya pada September dan diikuti oleh ketersediaan aktual pada November. Ini telah menjadi pola yang digunakan oleh raksasa teknologi dalam beberapa tahun terakhir dan tidak ada indikasi hal akan berubah tahun ini.

 

Baca juga: Nokia 3.1 Plus, Ponsel Terkini Tanpa Notch Tawarkan Fitur NFC

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini