Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nokia 3.1 Plus, Ponsel Terkini Tanpa Notch Tawarkan Fitur NFC

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 16:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 13 92 2055122 nokia-3-1-plus-ponsel-terkini-tanpa-notch-tawarkan-fitur-nfc-VAxhD7Np5Z.jpg Nokia 3.1 Plus (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - Nokia telah bangkit dari brand ponsel yang sempat populer beberapa dekade lalu. Di bawah HMD Global, brand Nokia hadir menyediakan perangkat ponsel yang dibutuhkan untuk konsumen di Tanah Air.

Masuk dalam jajaran ponsel Android One, Okezone sempat menjajal ponsel Nokia 3.1 Plus. Ponsel tampak elegan, tampak melebar sehingga memberikan kesan layar yang luas.

Tampilan

Layar Nokia 3.1 Plus hadir dengan ukuran 6 inci HD+ rasio 18:9. Pada bagian muka, terlihat logo Nokia yang terletak di bagian pojok kanan atas perangkat. Ponsel ini juga tak memiliki notch, namun bezel atas terlihat begitu tebal sebagai ruang bagi kamera depan.

 

Pada bagian belakang, Anda bisa berharap perangkat yang dibanderol dengan harga saat peluncuran Rp2,4 juta ini menghadirkan ponsel dengan dual kamera dengan material bodi yang cukup kokoh. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur keamanan Nokia 3.1 Plus dengan sensor sidik jari serta ada pula fitur LED flash.

Pada bagian sisi kanan, terdapat slot terpisah untuk menempatkan kartu SIM (mendukung dua kartu SIM) dan juga perangkat memiliki slot untuk microSD. Sementara pada bagian kiri, terdapat tombol power serta pengaturan volume suara, bagian atas terdapat port jack audio serta bagian sisi bawah menyimpan port microUSB, speaker serta mikrofon.

 

Fitur

Nokia 3.1 Plus hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna, di mana ponsel dibanderol di bawah Rp3 juta. Dilihat dari segi bodi, tanpa notch, memang membuat ponsel terkesan 'berumur', tetapi di balik bodinya yang tampak bongsor, Nokia 3.1 Plus memiliki fitur yang mungkin jarang ditemui di kelas ponsel ini, yakni NFC (Near-field Communication).

Seperti diketahui, fitur NFC memungkinkan ponsel untuk terhubung dengan perangkat lain, seperti untuk tujuan transfer file, pembayaran cashless atau membaca data Smart Card.

Selain fitur NFC, ponsel juga bisa diandalkan untuk memotret gambar bokeh. Berkat fitur Live Bokeh, pengguna bahkan bisa mengatur kekuatan bokeh untuk menghasilkan foto artistik yang diinginkan.

 

Benchmark

Okezone sempat menjajal Nokia 3.1 Plus untuk menjalankan aplikasi benchmark AnTuTu. Ditemukan skor sebesar 78.522, sementara saat dijajal dengan aplikasi Geekbench, ponsel menghasilkan skor 837 untuk Single-Core serta 3.500 untuk Multi-Core.

 

Dengan prosesor MT6762 Helio P22, GPU PowerVR GE8320 dan RAM 3GB, pengguna mungkin tidak terlalu berharap besar pada skor AnTuTu. Akan tetapi, Okezone sempat menjajal Nokia 3.1 Plus untuk menjalankan game mobile.

 

Game yang Okezone jajal pada Nokia 3.1 Plus yakni PUBG Mobile. Ketika dijalankan, game tampak merekomendasikan untuk mengatur pada posisi grafis rendah (low).

Saat dijalankan dalam permainan, training mode PUBG Mobile, permainan tetap terasa berjalan mulus dengan pengaturan grafis di titik terendah. Meskipun objek dalam permainan terlihat standar, tetapi seharusnya permainan tetap dapat berjalan dengan cukup baik.

 

Kesimpulan

Nokia 3.1 Plus menampilkan spesifikasi yang boleh jadi tidak terlalu istimewa. Kendati demikian, patut dipertimbangkan bahwa ponsel memiliki apa yang dibutuhkan konsumen untuk tujuan fotografi (bokeh), NFC yang jarang ditemui pada smartphone, serta kemampuan menjalankan game PUBG Mobile walau dengan pengaturan grafis yang rendah.

Keunggulan lain yang dimiliki Nokia 3.1 Plus dari sisi material bodi yang kokoh, tak ringkih dan tampak melebar untuk kepuasan tampilan layar. Nokia dalam video perkenalan Nokia 3.1 Plus juga mengklaim daya tahan baterai selama 2 hari.

Spesifikasi Nokia 3.1 Plus

- Layar 6 Inci HD+ 18:9

- Prosesor MT6762 Helio P22

- RAM 3GB/32GB

- Kamera belakang dual 13MP/5MP

- Kamera depan 8MP

- Baterai 3.500 mAh

- Sensor fingerprint

- NFC

- Android 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie)

Baca juga: Intip 5 Rekomendasi Smartphone Terbaru Harga Rp2 Jutaan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini