AppTune, Aplikasi yang Temukan Penyandang Tunanetra dengan Relawan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 14 207 2055576 apptune-aplikasi-untuk-bantu-penyandang-tunanetra-WOHSTfCDO1.jpeg Pembuat Aplikasi AppTune, Muhammad Rahmatullah (Foto: Pernita Hestin/Okezone)

JAKARTA- Para tunanetra berbahagialah. Salah satu anggota Developer Student Club, program dari Google untuk mahasiswa, Muhammad Rahmatullah berhasil membuat aplikasi berbasis Google TalkBack. TalkBack merupakan fitur berupa umpan balik suara atau getaran untuk membantu tunanetra mengetahui apa saja yang ada di layar ponsel.

Aplikasi yang dibuat Rahmat pada 2018 tersebut dijuluki AppTune. Aplikasi ini mampu membantu penyandang tunanetra mendapatkan relawan. Relawan-relawan tersebut akan membantu mereka menjalankan ujian sekolah, dan lain-lain.

"Fitur dalam aplikasi ini mempertemukan penyandang tunanetra berdasarkan kebutuhannya, seperti ujian sekolah, browsing internet, dan banyak lagi," imbuh Rahmat.

 AppTune, Aplikasi untuk penyandang tunanetra

Baca Juga: Gunakan Teknologi AI, Fitur Google Bantu Penyandang Disabilitas

Penyandang tunanetra akan mengisi formulir saat menggunakan aplikasi, nantinya jika pengguna mendapatkan relawan, mereka akan saling berkomunikasi melalu nomor telepon yang dicantumkan sebelumnya

Aplikasi ini hanya eklusif digunakan oleh Yayasan Pembina Tunanetra Indonesia di Makassar. Namun Rahmat tak menampik jika dirinya tengah mengembangkan aplikasi untuk dapat menempal ke asisten suara Google dan bisa digunakan lebih banyak orang.

"Saya juga ingin aplikasi ini mampu digunakan oleh penyandang tunanetra di seluruh Indonesia," kata dia. (AHL)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini