Lakukan Hal Ini agar Tak Jadi Korban Spyware WhatsApp

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 15 207 2055979 lakukan-hal-ini-agar-tak-jadi-korban-spyware-whatsapp-dGb3zccyDP.jpg Ilustrasi WhatsApp (Foto: The Guardian)

JAKARTA - WhatsApp dikabarkan mendapatkan serangan cyber spyware belum lama ini. Pengguna diimbau untuk segera memperbarui aplikasi mereka, karena bug keamanan yang memungkinkan peretas mengambil alih ponsel Anda.

Lebih parahnya lagi, spyware mampu mengambil alih panggilan, teks, dan data lain. Bahkan penyerang mampu menggunakan kamera dan mikrofon, serta melakukan kegiatan berbahaya lainnya di WhatsApp

Dilansir dari laman The Guardian, Rabu (15/5/2019) smartphone mana pun yang menjalankan WhatsApp atau aplikasi WhatsApp Business dapat terpengaruh spyware. Menurut Financial Times, perusahaan intelijen cyber Israel NSO Group mengembangkan spyware.

Pertanyaan paling banyak ditanyakan untuk masalah ini yakni apakah hal tersebut mempengaruhi Anda. Sayangnya, hingga saat ini orang-orang yang terkena spyware belum diketahui untuk saat ini. Namun pengacara HAM di Inggris dan peneliti Amnesty Internasional telah diidentifikasi sebagai orang yang dimata-matai.

Untungnya serangan tersebut dapat dicegah. Jika Anda belum menerima panggilan suara WhatsApp atau panggilan dari pihak yang tidak dikenal, maka Anda mungkin belum ditargetkan. Tips agar terhindar, pengguna sangat disarankan untuk memeriksa pembaruan secara manual melalui Apple App Store pada iPhone, Google Play atau yang serupa pada perangkat Android, Microsoft Store pada Windows Phones dan Galaxy app store pada perangkat Tizen.

 WhatsApp terkena serangan siber dari Spyware

Baca Juga: Isu Keamanan WhatsApp, Hacker Serang iPhone dan Android

Jika gagal, cobalah untuk menghapus WhatsApp dari ponsel Anda. Hal tersebut akan melindungi Anda dari serangan itu. WhatsApp mencantumkan versi terbaru aplikasi Androidnya di situsnya yakni versi 2.19.137. Anda dapat menemukan nomor versi aplikasi yang terinstal di ponsel Android Anda dengan menekan lama pada ikon WhatsApp dan memilih Info aplikasi, atau menemukan daftar aplikasi dalam pengaturan ponsel Anda.

Namun, cukup menginstal semua pembaruan aplikasi yang relevan dari toko aplikasi bawaan ponsel Anda adalah cara terbaik untuk memastikan Anda menggunakan versi aplikasi yang ditandatangani dan diverifikasi terbaru.

Menjaga aplikasi Anda selalu terbarui sangat penting untuk melindungi diri Anda dari peretasan dan pencurian data, tetapi sistem operasi ponsel Anda sama pentingnya. Anda harus selalu menginstal versi terbaru iOS atau Android dan harus berpikir dua kali sebelum menggunakan ponsel yang tidak lagi didukung dengan pembaruan perangkat lunak.

Sebagian besar iPhone menerima lebih dari lima tahun dukungan perangkat lunak. Perangkat Android bergantung pada pabrikan. Sementara itu, smartphone Pixel Google menjadi standar utama, menerima setidaknya tiga tahun pembaruan keamanan bulanan dan pembaruan versi Android.

Baca Juga: Pakai Enkripsi End-to-end WhatsApp Tetap Kebobolan Hacker, Kok Bisa?

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini