Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

100 Juta Lebih Manusia Indonesia Gunakan Internet

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 11:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 16 207 2056385 jumlah-pengguna-internet-indonesia-capai-171-17-juta-jiwa-di-2018-Jp7QZDgCgU.jpg Ilustrasi Internet (Foto: GSMA)

JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) baru-baru ini merayakan hari jadi yang ke-23 di Hotel Ayana MidPlaza, Jakarta. Perayaan hari jadi APJII ini bertepatan dengan bulan Ramadan, sehingga diadakan acara buka puasa bersama.

Melalui siaran pers yang diterima Okezone, di usia yang menginjak 23 tahun, beragam tantangan datang silih berganti menyesuaikan dengan perkembangan internet dunia. APJII sebagai organisasi yang terbentuk pada 15 Mei 1996, harus mampu menyesuaikan dengan derap perubahan.

Menurut Ketua Umum APJII, Jamalul Izza, momen perayaan ini merupakan wujud dari rasa syukur APJII sebagai organisasi internet terbesar di Indonesia yang masih dan terus memberikan kontribusi bermanfaat khususnya bagi anggota dan ekosistem di industri internet.

Dalam kesempatan perayaan acara ulang tahun APJII, juga dipaparkan hasil survei penetrasi internet dan perilaku penggunanya di Indonesia tahun 2018. Hasil survei yang dilakukan APJII, kerap menjadi acuan oleh seluruh industri dan pemerintah untuk mengetahui berapa banyak pengguna internet di Indonesia. Maka, tak jarang para pemangku kepentingan menunggu hasil dari survei internet yang dilakukan oleh APJII.

 APJII ungkap data jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2018

Sekjen APJII, Henri Kasyfi, menyampaikan, "Di survey tahun 2018, APJII meningkatkan skala surveynya dari tingkat ke wilayah (Pulau Besar / Kelompok Pulau) ke skala Provinsi sehingga dapat diketahui data penetrasi dan perilaku pengguna Internet hingga tingkat provinsi. Dalam waktu dekat, kami akan presentasi ke setiap Gubernur untuk menyampaikan hasil survei APJII ini untuk masing-masing provinsi".

Jumlah Pengguna Internet Indonesia

Berdasarkan hasil survei 2018 dari data APJII, penetrasi pengguna internet mencapai 171,17 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia 264,16 juta orang. Dengan demikian, persentase pengguna internet di Indonesia pada tahun lalu mencapai 64,8 persen.

Sekadar informasi, pada 2017, jumlah pengguna internet berdasarkan data APJII mencapai 143,26 juta jiwa dari 262 juta orang penduduk Indonesia.

APJII juga mengungkap kontribusi pengguna internet per wilayah dari seluruh pengguna internet. Di pulau Jawa merupakan kontribusi paling besar dengan 55 persen, sementara di pulau Sumatera dengan 21 persen, pulau Sulawesi - Maluku - Papua sebesar 10 persen, pulau Kalimantan sebesar 9 persen dan Bali & Nusa Tenggara sebesar 5 persen.

Bila diperinci lagi, kontribusi pengguna internet per provinsi di Jawa dari seluruh pengguna internet, yakni Jawa Barat yang tertinggi dengan 16,6 persen, diikuti Jawa Tengah dengan 14,3 persen, Jawa Timur 13,5 persen, DKI Jakarta dan Banten sama-sama 4,7 persen serta DI Yogyakarta sebesar 1,5 persen.

 100 Juta Lebih Manusia Indonesia Gunakan Internet

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda WhatsApp Anda Terserang Spyware

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini