Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wikipedia Masuk Daftar Situs yang Diblokir di China

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 15:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 16 207 2056489 china-blokir-wikipedia-dalam-semua-bahasa-yKBGiwRtF4.jpg Ilustrasi Wikipedia (Foto: Android Pit)

JAKARTA - Pemerintah China sebelumnya telah memblokir Wikipedia dalam bahasa China di negaranya. Dilansir dari laman Android Pit, Kamis (16/5/2019) kali ini pemerintah China telah memperluas batasannya untuk memblokir Wikipedia sepenuhnya dan dalam semua bahasa.

Peneliti sensor online telah menemukan bahwa China telah memblokir Wikipedia dalam semua bahasa di wilayahnya, berbeda dengan blokade yang ada sebelumnya yang hanya menghambat akses ke versi China. Ketika ditanya tentang tindakan ini, Wikimedia Foundation menjawab bahwa tidak ada informasi sama sekali tentang tindakan ini.

Wikipedia diblokir di China

Baca Juga: Wikipedia Kini Tak Lagi Gratis, Ada Apa?

"Pada akhir April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China. Setelah menganalisis laporan lalu lintas internal kami, kami dapat mengonfirmasi bahwa Wikipedia saat ini diblokir di semua versi bahasa," kata Wikimedia Foundation.

Wikipedia juga diblokir di Turki pada 2017. Kemudian, Wikipedia juga kabarnya mengalami gangguan di Venezuela. Sementara itu di China, blokir semaca itu juga mencakup halaman seperti Google, Facebook, dan LinkedIn.

Baca Juga: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 171,17 Juta Jiwa di 2018

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini