Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Kerjasama dengan SpaceX & Blue Origin untuk Misi Bulan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 12:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 17 56 2057096 nasa-kerjasama-dengan-spacex-blue-origin-untuk-misi-bulan-Gq3Z8HeDxu.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA telah mengungkap upaya mereka untuk menciptakan sistem yang mampu membawa manusia ke Bulan. Badan antariksa itu konon telah berkolaborasi dengan 11 perusahaan antariksa swasta, termasuk SpaceX dan Blue Origin.

Dilansir Engadget, Jumat (17/5/2019), NASA menghadiahkan perusahaan-perusahaan total USD45,5 juta untuk mengerjakan proyek selama enam bulan ke depan di bawah program Next Space Technologies for Exploration Partnerships.

Badan tersebut berharap inisiatif ini dapat mengarah pada pengembangan sistem pendaratan manusia yang mencakup kendaraan transfer astronom yang mengusulkan pangkalan orbit bulan yang disebut Gateway menuju orbit bulan-rendah.

Selain itu, pendarat juga harus memiliki elemen yang dapat membawa astronot ke permukaan bulan dan elemen pendakian yang dapat membawa mereka kembali ke Gateway. Akhirnya, NASA ingin pendarat dan komponennya memiliki kemampuan pengisian bahan bakar untuk membuatnya dapat digunakan kembali.

Beberapa peserta akan mengerjakan semua elemen itu, sementara yang lain hanya akan mengerjakan satu atau dua. SpaceX, misalnya, hanya melakukan satu studi pada elemen descent. Blue Origin, di sisi lain, akan melakukan studi elemen descent, studi kendaraan transfer dan juga akan membangun prototipe kendaraan transfer.

 NASA Kerjasama dengan SpaceX & Blue Origin untuk Misi Bulan

Baca juga: Pemerintah Siapkan Regulasi Perlindungan Data Pribadi

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini