Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Program 1000 Startup Banyak Angkat Tema Agriculture dan Pariwisata

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 207 2058138 program-1000-startup-banyak-angkat-tema-agriculture-dan-pariwisata-FGLDAFDXBi.jpg Ilustrasi startup (Foto: The International Law Office (ILO))

JAKARTA - Gerakan Nasional 1000 startup kembali digelar oleh KIBAR dan didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Program telah berjalan sekira empat gelombang sejak 2016.

Program ini juga mendapatkan apresiasi dari banyak peserta yang mendaftar hingga puluhan ribu. Menurut Program Manager Gerakan Nasional 1001 Startup Digital Fadli Wilihandarwo permasalahan umum yang banyak diangkat oleh para startup Indonesia yakni agriculture dan pariwisata.

"Pihak kita sering menemukan topik-topik itu, kenapa buah topik itu banyak dicari problem solving-nya. Karena memang Indonesia masih banyak masalah di bidang agriculture dan pariwisata. Contoh di pariwisata ada banyak sekali bisnis yang tutup di industri ini. Dan ini menjadi challenge (tantangan) dan membuat anak-anak muda untuk menghadirkan bidang pariwisata," kata Fadli di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (20/5/2019).

Dia juga mengatakan jika saat ini pada bidang agriculture, beberapa startup telah bermain di hardware. Sebelumnya kebanyakan mereka main di software.

"Seperti soal pemetaan dan investasi terkait agriculture, peternakan dan perkebunan sebagainya. Terakhir di tahun lalu hardware, pengairan secara otomatis dan pemupukan dan sebagainya," kata dia.

 Program 1000 Startup Banyak Angkat Tema Agriculture dan Pariwisata

Baca juga: Tambah 5 Kota, Kominfo Kembali Dukung Gerakan Nasional 1000 Startup

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini