Tak Hanya WhatsApp dan Instagram, Facebook Juga Dibatasi saat Aksi 22 Mei

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 22 Mei 2019 16:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 22 207 2059062 tak-hanya-whatsapp-dan-instagram-facebook-juga-dibatasi-saat-aksi-22-mei-GrOkblP5xc.jpg Facebook (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tidak hanya WhatsApp dan Instagram, Facebook juga menjadi salah satu media sosial yang dibatasi saat aksi 22 Mei 2019. Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk mencegah adanya provokasi dan berita bohong yang beredar terkait aksi 22 Mei 2019.

“Yang kita batasi itu media sosial dan messaging system. Media sosial seperti Facebook dan Instagram, itu pasti untuk posting (mengirim) gambar dan video. Kemudian dan di-capture dan viralnya itu di WhatsApp terutama WhatsApp grup,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Baca juga: Aksi 22 Mei, Kominfo Imbau Warganet Tak Viralkan Konten Aksi Kekerasan dan Ujaran Kebencian

Dia juga meminta maaf kepada masyarakat karena adanya gangguan tersebut. “Untuk sementara yang kita lakukan, saya mohon maaf. Tapi ini untuk sementara,” kata dia.

Lebih lanjut, Rudiantara juga mengungkapkan jika pembatasan media sosial ini bertahap dan berlangsung sekitar dua hingga tiga hari ke depan.

 Pemerintah batasi akses media sosial saat aksi 22 Mei

Baca juga: Aksi 22 Mei, Pembatasan Akses Media Sosial hingga 2 atau 3 Hari ke Depan

Saat Okezone mencoba membuka beberapa fitur Facebook pun melalui aplikasi sempat terganggu dan terdapat notifikasi "Ada Masalah".

"Facebook Watch Tidak tersedia. terjadi kesalahan sistem atau koneksi internet Anda mungkin mencegah video untuk dimuat. Muat ulang halaman dan coba lagi," kata notifikasi tersebut.

Seperti diketahui, pemerintah telah mencoba membatasi fitur pengiriman video dan foto untuk mencegah konten negatif bersamaan dengan aksi 22 Mei. Selain itu, Kominfo juga menggandeng beberapa provider di Indonesia untuk mendukung pembatasan tersebut.

 Pemerintah batasi akses media sosial saat aksi 22 Mei

Baca juga: Netizen Keluhkan Instagram dan WhatsApp Down Bersamaan Aksi 22 Mei

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini