Internet Bagian dari Hidup Masyarakat di Era Digital

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 17:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 23 16 2059562 internet-bagian-dari-hidup-masyarakat-di-era-digital-L9LWAigMnq.jpg Foto: Ist

JAKARTA – Satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat sehari-hari adalah internet. Saat ini internet sudah menjadi bagian yang sangat penting seiring dengan kemajuan teknologi. Selain untuk melakukan pekerjaan, masyarakat memanfaatkan internet untuk terhubung dengan rekan-rekan ataupun kerabat yang tinggalnya jauh dengan melalui media sosial.

Terlebih saat ini masyarakat dimudahkan untuk mengakses internet melalui smartphone yang lebih praktis dan dapat dibawa kemana-mana. Hal Itulah yang membuat manusia tidak bisa lepas dari internet di era digital seperti sekarang ini.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah merilis laporan survei penetrasi dan profil pengguna internet di Indonesia. Dalam laporan yang diterima Okezone, APJII juga mengungkapkan jika masyrakat Indonesia lebih banyak menggunakan smartphone saat berselancar internet setiap hari.

Pada data APJII terdapat tujuh kategori setiap perangkat yakni Setiap hari, setiap minggu, tidak setiap bulan, tidak pernah, dan tidak jawab. Pada Smartphone/HP pengguna yang bermain internet setiap hari bahkan mencapai 93,9 persen.

Perangkat berikutnya yang banyak digunakan yakni laptop, komputer, dan tablet secara berurutan. Perangkat tablet menjadi yang paling sedikit digunakan setiap hari, bahkan hanya mencapai 5,2 persen.

APJIII juga mengungkapkan jika pengguna internet di Indonesia rata-rata menggunakan internet sekira lebih dari 3 hingga 4 jam setiap harinya.

Sebagai informasi, hal tersebut didapat dari data penetrasi pengguna internet di Indonesia yang mencapai 171,17 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia 264,16 juta orang pada 2018.

Persentase pengguna internet di Indonesia pada tahun lalu mencapai 64,8 persen. Pada 2017, jumlah pengguna internet berdasarkan data APJII mencapai 143,26 juta jiwa dari 262 juta orang penduduk Indonesia.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini