Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akses Medsos Diblokir, Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui soal VPN

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 14:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 23 207 2059487 akses-medsos-diblokir-ini-hal-yang-perlu-anda-ketahui-soal-vpn-J63qnWR6tp.jpg Ilustrasi Smartphone (Foto: Ist)

JAKARTA - VPN atau Virtual Private Network dalam istilah sederhana mampu menghubungkan PC, smartphone, dan tablet ke komputer lain atau disebut server yang terhubung internet.

Dilansir dari laman Howtogeek, Kamis (23/5/2019), dengan menginstal VPN memungkinkan pengguna untuk menjelajah internet dengan menggunakan koneksi internet tersebut. Server tersebut bisa jadi berada di negara yang berbeda. 

Dengan menggunakan VPN, itu akan tampak seolah-olah Anda berasal dari negara itu, dan Anda berpotensi mengakses hal-hal yang biasanya tidak bisa Anda lakukan.

Seperti halnya jika di China beberapa konten seperti Facebook dan YouTube tak bisa dibuka. Maka dengan menggunakan VPN beberapa akses tersebut dapat dibuka, karena IP mengenali bahwa pengguna seolah-olah tengah menggunakan internet di negara lain.

Ketahui soal VPN

Baca Juga: Ketahui Bahaya Menggunakan VPN untuk Buka Blokir Media Sosial

VPN juga tengah menjadi aplikasi populer setelah adanya pembatasan media sosial di Indonesia. Untuk diketahui, pemerintah telah membatasi media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Sehingga pengguna di Indonesia tak dapat menggunakan media sosial untuk meredam informasi negatif saat aksi 22 Mei 2019.

Meskipun demikian beberapa pengguna mengakali hal tersebut dengan men-download VPN, sehingga dapat membuka akses media sosial yang dibatasi. Lebih lanjut, sebagian besar orang saat ini telah menggunakan VPN untuk melewati batasan geografis untuk menonton konten di negara lain.

Ketahui soal VPN

Baca Juga: Cegah Provokasi dan Hoaks Aksi 22 Mei, Pemerintah Batasi Akses Media Sosial

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini