NASA Ukir Jutaan Nama pada Chip untuk Dikirim ke Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 06:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 23 56 2059495 nasa-ukir-jutaan-nama-pada-chip-untuk-dikirim-ke-mars-Lg1oxOQeMg.jpg NASA (Foto: Reuters)

JAKARTA - NASA membuka kesempatan bagi yang ingin mengabadikan namanya pada sebuah chip untuk dikirimkan ke Mars. Kabarnya, badan antariksa ini mengukir jutaan nama ke dalam chip silikon kecil melalui electron beam untuk diluncurkan bersama Mars 2020.

Teks tersebut yang diukir oleh NASA mungkin sulit terbaca karena lebih kecil dari 75 nanometer, kurang dari seperseribu lebar rambut manusia, seperti dilansir Theregister, Kamis (23/5/2019).

"Ketika kita bersiap untuk meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang berbagi dalam perjalanan eksplorasi ini," kata Thomas Zurbuchen, associate administrator for NASA's Science Mission Directorate.

 NASA Ukir Jutaan Nama pada Chip untuk Dikirim ke Mars

Dikatakan bahwa Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi NASA, ketika mereka memulai perjalanan ini untuk menjawab pertanyaan mendalam tentang planet tetangga, dan bahkan asal usul kehidupan itu sendiri.

Ada sebagian masyarakat yang mengirimkan nama depan dan belakang, negara tempat tinggal mereka, kode pos, dan alamat email. Halaman pengiriman akan dibuka hingga akhir September, dan mengingat ada 1.263.997 orang telah mendaftar, mungkin tidak semua orang akan dipilih.

"Kesempatan untuk mengirim nama Anda ke Mars dilengkapi dengan boarding pass souvenir dan poin 'frequent flyer'," jelas NASA.

"Ini adalah bagian dari kampanye keterlibatan publik untuk menyoroti misi yang terlibat dengan perjalanan NASA dari Bulan ke Mars. Miles (atau kilometer) diberikan untuk setiap 'penerbangan,' dengan tambalan misi digital yang sesuai tersedia untuk diunduh," katanya.

 NASA Ukir Jutaan Nama pada Chip untuk Dikirim ke Mars

Baca juga: Akses Medsos Diblokir, Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui soal VPN

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini