Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo Sore Ini Putuskan Perpanjang atau Akhiri Pembatasan Media Sosial

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 13:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 24 207 2059867 kominfo-sore-ini-putuskan-perpanjang-atau-akhiri-pembatasan-media-sosial-pNxdc5ipTN.jpg Ilustrasi Media Sosial (Foto: The Conversation)

JAKARTA - Pembatasan akses media sosial diklaim mampu meminimalisir informasi hoaks terkait aksi kerusuhan 22 Mei 2019. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu kepada Okezone, Jumat (24/5/2019).

Menuru pria yang akrab disapa Nando, hoaks yang muncul di media sosial sebelum adanya pembatasan bisa mencapai 20 hoaks per hari.

"Namun setelah pembatasan menjadi 9 hoaks pada saat 22 Mei 2019. Kemudian hari berikutnya pada 23 Mei 2019 hanya ditemukan 6 hoaks. Jadi ini berdampak baik dari menggunakan pembatasan ini, meskipun masih ada tetapi berkurang," kata Nando.

 Pemerintah batasi akses media sosial karena aksi 22 Mei

Baca Juga: Aksi 22 Mei, Netizen Ramaikan #WhatsAppDown, #instagramdown dan #facebookdown

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengungkapkan jika pembatasan media sosial akan dilakukan pada 2 hingga 3 hari yakni hingga hari ini. Menurut Nando jangka waktu tersebut masih akan dirundingkan oleh Menkominfo dan beberapa menteri lainya.

"Sore ini pak menteri kami dan Menkopolhukam akan mengidentifikasi lagi sore ini dan akan di umumkan keputusannya," jelas Nando.

Baca Juga: Aksi 22 Mei Berujung Ricuh, Netizen Gaungkan #saveindonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini