Facebook Hapus 3 Miliar Akun Palsu dalam Waktu 6 Bulan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 13:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 24 207 2059879 facebook-hapus-3-miliar-akun-palsu-dalam-waktu-6-bulan-0Ag0IdY1IE.jpg Facebook (Foto: Reuters)

JAKARTA - Facebook menghapus lebih dari 3 miliar akun palsu dari Oktober hingga Maret. Jumlah tersebut dua kali lipat ketimbang enam bulan sebelumnya, perusahaan mengumumkan pada 23 Mei.

Dilansir Thestar, Jumat (24/5/2019), hampir semua dari mereka tertangkap sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menjadi pengguna jaringan sosial Facebook yang "aktif".

Dalam sebuah laporan baru, Facebook mengatakan melihat "peningkatan tajam" dalam penciptaan akun palsu yang kasar. Sementara sebagian besar akun palsu ini diblokir "dalam beberapa menit" dari pembuatannya.

Mengandalkan penggunaan komputer untuk menghasilkan jutaan akun sekaligus tidak berarti Facebook menangkap lebih banyak akun palsu, tetapi juga lebih banyak dari mereka yang lolos.

 Facebook Hapus 3 Miliar Akun Palsu dalam Waktu 6 Bulan

Akibatnya, perusahaan memperkirakan bahwa 5% dari 2,4 miliar pengguna aktif bulanannya adalah akun palsu, atau sekitar 119 juta. Ini naik dari perkiraan 3% menjadi 4% dalam laporan enam bulan sebelumnya.

Peningkatan tersebut menunjukkan tantangan yang dihadapi Facebook dalam menghapus akun yang dibuat oleh komputer untuk menyebarkan spam, berita palsu, dan materi yang tidak pantas lainnya. Bahkan ketika alat deteksi Facebook menjadi lebih baik, demikian juga upaya para pembuat akun palsu ini.

Facebook juga mengatakan pada Kamis bahwa mereka menghapus 7,3 juta posting, foto, dan materi lainnya karena melanggar aturan terhadap ucapan kebencian. Angka itu naik dari 5,4 juta pada enam bulan sebelumnya.

 Facebook Hapus 3 Miliar Akun Palsu dalam Waktu 6 Bulan

Baca juga: Ketahui Bahaya Menggunakan VPN untuk Buka Blokir Media Sosial

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini