Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Mengapa Telegram Tak Dibatasi Seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 14:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 24 207 2059914 ini-alasan-mengapa-telegram-tak-dibatasi-seperti-whatsapp-facebook-dan-instagram-jRvqPm1Xny.jpg Ilustrasi Telegram (Foto: ZDNet)

JAKARTA- WhatsApp menjadi salah satu layanan pesan paling populer di Indonesia. Sayangnya, baru- baru ini WhatsApp telah dibatasi oleh Pemerintah untuk mencegah viralnya berita negatif terkait aksi 22 Mei 2019.

Beberapa masyarakat pun mengeluhkan jika WhatsApp tak bisa digunakan untuk mengirim video dan foto. Beberapa dari mereka pun mulai beralih ke Telegram, aplikasi perpesanan yang mirip WhatsApp.

Telegram memang tak mendapatkan batasan oleh Pemerintah Indonesia. Hal tersebut lantaran aplikasi belum banyak memiliki pengguna di Tanah Air, sehingga viralnya berita di platform tak begitu kentara. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu.

Telgram tak ikut dibatasi oleh Pemerintah karena tak banyak pengguna di Indonesia

Baca Juga: Netizen Keluhkan Instagram dan WhatsApp Down Bersamaan Aksi 22 Mei

"Iya karena di Indonesia Telegram belum banyak belum sampai diangka 20 jutaan. Jadi Telegram tidak signifikan memviralkan berita negatif," kata pria yang akrab disapa Nando.

Sejatinya Pemerintah telah menetapkan pembatasan media sosial untuk mengurangi hoaks terkait aksi 22 Mei 2019 yang berujung kerusuhan pada 22 Mei 2019. Pembatasan ini juga ditujukan untuk menghindari provokasi dan berita bohong kepada masyarakat luas.

Sebelumnya, waktu pembatasan dikatakan akan berlangsung pada 2 atau 3 hari yakni hingga hari ini. Untuk kelanjutannya, Menteri Kominfo, Rudiantara akan berunding dengan beberapa menteri terkait waktu pembatasan WhatsApp, Instagram, Twitter, dan Facebook.

Baca Juga: Akses Media Sosial Dibatasi saat Aksi 22 Mei, Ormas Paska Mesika Layangkan Gugatan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini