Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Badan Siber: VPN Bahayakan Data Pribadi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 06:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 24 207 2059963 bssn-pakai-sembarang-vpn-berisiko-bagi-keamanan-data-pribadi-ODRcFvLYt2.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

JAKARTA- Penggunaan VPN marak dibicangkan oleh warganet usai adanya pembatasan media sosial oleh Pemerintah pada 22 Mei 2019. Sayangnya jelang viralnya VPN yang mampu digunakan untuk membukan blokir media sosial tersebut juga beredar adanya dampak negatif.

Okezone pun sebelumnya telah memberitakan beberapa bahaya penggunaan VPN gratis, di mana data pribadi penggun dapat dilihat oleh orang lain. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pun turut mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan sembarang VPN.

"Menggunakan sembarang VPN justru dapat memberikan resiko yang lebih besar bagi keamanan data pribadi kita. Ketika menggunakan VPN berarti kita mempercayakan jalur koneksi dan data pribadi kita melalui server milik perusahaan penyedia jasa VPN," kata BSSN dalam akun Instagram resminya, Rabu (22/5/2019).

Baca Juga: Akses Medsos Diblokir, Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui soal VPN

BSSN juga menyebutkan beberapa data-data yang mampu dilihat bahkan digunakan pihak yang tidak bertanggungjawab, seperti profiling yang meliputi aktivitas media sosial, kecenderungan politik, riwayat transaksi e-commerce, dan banyak lagi. Kemudian data lainya seperti password, akun pribadi, bahkan data perbankan seperti kartu kredit. Tak hanya itu, penggunaan VPN menurut BSSN juga berdampak pada serangan malware.

Sejatinya, Pemerintah telah menetapkan pembatasan media sosial untuk mengurangi hoaks terkait aksi 22 Mei 2019 yang berujung kerusuhan pada 22 Mei 2019. Pembatasan ini juga ditujukan untuk menghindari provokasi dan berita bohong kepada masyarakat luas. Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyebutkan jika pembatasan ini mampu meminimalisir hoaks selama dua hari ini.

Bahaya gunakan VPN untuk buka blokir media sosial

Baca Juga: Ketahui Bahaya Menggunakan VPN untuk Buka Blokir Media Sosial

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini