Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Lebih Dekat DNS 1.1.1.1, Aplikasi Buka Blokir Media Sosial

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 17:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 24 207 2060053 mengenal-lebih-dekat-dns-1-1-1-1-aplikasi-buka-blokir-media-sosial-b2Z8Em8k7v.jpg (Foto: Techradar)

JAKARTA - Developer Cloudflare telah meluncurkan aplikasi DNS layanan baru 1.1.1.1 yang diklaim menyediakan koneksi lebih cepat dan lebih aman ke internet.

Dilansir dari laman TechRadar, Jumat (24/5/2019), Domain Name System (DNS) sering disamakan dengan buku telepon untuk internet. Komputer mengenali satu sama lain dengan alamat IP mereka, bukan dengan nama situs yang terkait dengannya. Jadi setiap kali Anda mengetik situs web seperti Google.com, layanan DNS mencari alamat IP yang ditautkan ke Google dan menghubungkan pengguna ke sana.

Layanan DNS yang menghubungkan pengguna internet disediakan oleh ISP, yang mencatat semua situs web yang pengguna kunjungi. Klaim aplikasi Cloudflare 1.1.1.1 adalah untuk memperbaiki masalah terkait DNS ini, sambil juga menyediakan kecepatan koneksi super cepat.

Lebih tepatnya, 1.1.1.1 Cloudflare adalah resolver DNS. Ketika dikonfigurasikan dengan benar pada perangkat pengguna, semua permintaan koneksi pengguna akan merutekannya.

 Mengenal Lebih Dekat DNS 1.1.1.1, Aplikasi Buka Blokir Media Sosial

Dengan mengubah server DNS Anda ke 1.1.1.1, Anda menyalurkan lalu lintas ke 1.1.1.1, dan bukan ISP Anda. Cloudflare mengatakan itu tidak akan mencatat alamat IP Anda dengan 1.1.1.1, dan perusahaan tampaknya berkomitmen untuk janji itu.

Meskipun tidak mencatat alamat IP Anda, aplikasi itu mencatat data permintaan DNS anonim. Menurut komitmennya terhadap privasi, Cloudflare menyatakan bahwa satu-satunya informasi yang akan dikumpulkannya adalah data kueri DNS anonim yang dikirim ke Cloudflare Resolver. Beberapa informasi itu dicatat secara permanen, termasuk jumlah kueri, pengguna unik, dan daftar agregat semua nama domain yang diminta.

Sementara perusahaan tidak akan memberikan informasi ini kepada pengiklan pihak ketiga, mitra Cloudflare, APNIC, akan menggunakan informasi tersebut untuk riset operasional nirlaba, termasuk bisa lebih memahami DNS dan mengurangi serangan DDoS.

Satu hal yang perlu diingat ketika menggunakan aplikasi 1.1.1.1 adalah bahwa sementara ISP Anda tidak dapat melihat lalu lintas DNS Anda ketika Anda mengunjungi situs yang menggunakan HTTPS, ia masih dapat melihat konten di situs web yang tidak terenkripsi, yaitu situs yang HTTP dan bukan HTTPS.

 Mengenal Lebih Dekat DNS 1.1.1.1, Aplikasi Buka Blokir Media Sosial

Baca juga: Ini Perbedaan VPN dan Cloudflare DNS, Mana yang Paling Aman?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini