8 Manfaat Penggunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 11:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 25 207 2060252 8-manfaat-penggunaan-vpn-yang-perlu-anda-ketahui-pABwfnjObB.jpg Ilustrasi VPN (Foto: Reuters)

JAKARTA - Teknologi VPN (Virtual Private Network) awalnya hadir sebagai jawaban atas permintaan individu untuk melindungi aktivitas online mereka dan untuk menjaga kerahasiaan online mereka.

Selain fungsi ini, teknologi ini membantu pengguna internet mengakses konten terbatas dari mana saja di dunia. Menariknya, VPN juga dapat membuka blokir internet, dengan memberikan Anda kebebasan internet yang paling Anda inginkan.

Sayangnya VPN gratis belakangan ini ditemukan mengandung malware dan bahkan mampu mendeteksi informasi pengguna. Meskipun demikian, VPN ternyata memiliki banyak keuntungan seperti dilansir dari laman ibvpn, Jumat (24/5/2019).

 8 Manfaat Penggunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

1. Keamanan

Saat Anda terhubung ke jaringan melalui VPN, data disimpan dan dienkripsi.  Dengan cara ini, informasi berada jauh dari mata para peretas.

2. Remote Control

Dalam kasus perusahaan, keuntungan besar memiliki VPN adalah bahwa informasi dapat diakses dari jarak jauh bahkan dari rumah atau dari tempat lain.  Itu sebabnya VPN dapat meningkatkan produktivitas dalam perusahaan.

3. Membagikan File

Layanan VPN dapat digunakan jika Anda memiliki grup yang perlu berbagi data untuk waktu yang lama.

4. Anonimitas Daring

Melalui VPN, Anda dapat menjelajahi web dengan anonimitas lengkap.  Dibandingkan menyembunyikan perangkat lunak IP atau proksi website, keuntungan dari layanan VPN adalah memungkinkan Anda mengakses aplikasi web dan situs web secara anonimitas.

 8 Manfaat Penggunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga: Huawei Tak Lagi Bisa Sematkan Slot Kartu MicroSD di Ponsel

5. Membuka Blokir Situs

VPN sangat bagus untuk mengakses situs web yang diblokir atau untuk melewati filter Internet.  Inilah sebabnya mengapa ada peningkatan jumlah layanan VPN yang digunakan di negara-negara di mana sensor internet diterapkan.

6. Mengubah alamat IP

Jika Anda memerlukan alamat IP dari negara lain, maka VPN dapat menyediakan ini untuk Anda.

7. Performa yang lebih baik

Bandwidth dan efisiensi jaringan umumnya dapat ditingkatkan setelah solusi VPN diterapkan.

8. Mengurangi biaya

Setelah jaringan VPN dibuat, biaya perawatan sangat rendah.  Lebih dari itu, jika Anda memilih penyedia layanan, pengaturan jaringan dan pengawasan tidak lagi menjadi masalah.

 8 Manfaat Penggunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat DNS 1.1.1.1, Aplikasi Buka Blokir Media Sosial

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini