Ramadan 2019, Hari Donasi Online Nasional Pertama Kali Digelar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 25 207 2060333 ramadan-2019-hari-donasi-online-nasional-pertama-kali-digelar-PxfTIPBHpc.jpg (Foto: The Aerospace Museum of California)

JAKARTA - Ramadan identik dengan bulan berbagi kebaikan. Hal ini yang melatarbelakangi platform galang dana dan donasi online, Kitabisa.com menyelenggarakan Hari Donasi Online Nasional (HARDOLNAS) untuk pertama kalinya.

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, membawa semangat gotong royong yang jadi ciri khas bangsa Indonesia, HARDOLNAS yang berlangsung pada Ramadan ini dimulai dari 24-30 Mei 2019 melibatkan lebih dari 200 influencers, ratusan organisasi & komunitas sosial dan puluhan perusahaan.

“Sebagai Negara paling dermawan di Dunia versi World Giving Index, Indonesia sudah seharusnya punya momen bersama untuk merayakan kebaikan, dan kali ini bertepatan juga dengan bulan Ramadan," ujar Co-Founder & CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur.

Alfatih juga menjelaskan tren berbagi di Indonesia meningkat signifikan, yang menjadi alasan perhelatan HARDOLNAS diadakan.

 Ramadan 2019, Hari Donasi Online Nasional Pertama Kali Digelar

“Sejak masuk Android & IOS, aplikasi Kitabisa sudah didownload lebih dari 100 ribu kali. Setiap harinya ada puluhan ribu donatur berdonasi di berbagai campaign sosial. Bahkan tidak sedikit yang donasi rutin setiap hari, umumnya di waktu-waktu subuh dan pagi hari," tambah Alfatih Timur.

Perhelatan HARDOLNAS yang digelar selama sepekan sejak tanggal 24 Mei 2019 ini juga diikuti oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Dikutip dari unggahan Instagramnya @ridwankamil, Gubernur Jawa Barat itu mengajak para followers-nya untuk memperbanyak amal di Bulan Ramadan dengan cara mengulurkan donasi untuk pembangunan masjid besar Indonesia pertama di Gaza.

Kepada followers-nya, Ridwan Kamil meminta agar orang-orang bisa semangat berdonasi di bulan suci ini melalui event #hardolnas.

Salah satu artis yang terlibat dalam HARDOLNAS ini adalah Andien Aisyah memberikan bantuan ke beberapa kampung pemulung dan panti jompo. “Tidak besar, tidak banyak, tapi semoga sedikit bantuan kita bisa menghibur hati mereka di Ramadan kali ini," ujarnya.

Khusus untuk HARDOLNAS, ada beberapa campaign galang dana pilihan yang donasinya dilipatgandakan oleh beberapa perusahaan partner Kitabisa yang terlibat dalam HARDOLNAS, seperti GO-JEK & Bukalapak. “Jadi, kalau Anda berdonasi sebesar 50.000 rupiah di campaign ada label “Digandakan”, donasi Anda menjadi sebesar 100.000 rupiah,” ujar Alfatih.

Baca juga: Kominfo Pulihkan Akses Media Sosial Pasca Aksi 22 Mei

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini