Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CXA Group Gunakan Teknologi AI dan Big Data Kontrol Kesehatan Karyawan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 23:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 27 207 2061085 cxa-group-gunakan-teknologi-ai-dan-big-data-kontrol-kesehatan-karyawan-QsTrTIjARx.jpeg Artificial Inteligence (Foto: Towards Data Science)

JAKARTA- Dengan berkembangnya jaman sekarang ini teknologi semakin mempermudah pekerjaan manusia dan kehidupan. Teknologi digital juga telah diadopsi oleh beberapa perusahaan sekarang ini. Seperti CXA Group yang merupakan perusahaan asuransi yang bergerak di bidang teknologi kesehatan.

"Pertama kita perusahann yang bergerak du bidang teknologi, B2B mengarah ke perusahaan tapi nanti yang menggunakan (platform CXA) secara personal misalnya saya pegawai sebuah bank mendapatkan akses ke platform. Dalam Portal ada 65 hari bisa memilih apa seperti kesehatan, ada health review dan rekomendasi membeli beberapa barang kesehatan," kata Sam Darmawan Country Head CXA Indonesia saat ditemui Okezone di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Adapun dalam portal tersebut seorang karyawan dapat mengakses data kesehatan mereka secara realtime baik di Website, Android, dan iOS. Sam pun memberikan contoh bagaimana platform CXA tersebut bekerja, pertama terdapat fitur wellness yang memberikan beberapa rekomendasi kesehatan dan catatan kesehatan karyawan.

Karyawan akan diberikan beberapa pertanyaan seperti beberapa jam tidur, merokok ada tidak dan banyak lagi nantinya platform akan memberikan beberapa lampu seperti merah tanda darurat dan beberapa rekomendasi kesehatan.

"Take (mengambil) foto diklik masuk ke dalam, saya menjawab pertanyaan2 gaya hidup nanti akan resultnya diumur seberapa akan ada perubahan wajah dan seperti rekomendasi kesehatan dan lainnya," kata Sam.

CXA Group gunakan teknologi AI dan Big Data

Baca Juga: Kecocokan Pasangan Bisa Diprediksi dengan Teknologi AI, Benarkah?

"Jadi lebih tepatnya kita merupakan perusahaan pertama di Asia yang bergerak di bidang ini. Kita mendigitalisasi jadi dari paper ke digital," kata dia.

Dalam platform nantinya juga akan ada lifestyle dan dokter virtual, karyawan pun dapat memilih beberapa perangkat kesehatan untuk dibeli sesuai saldo yang dimiliki.

" Selain itu Health Screening yang dilakukan oleh karyawan dengan vendor Kerjasama kita juga bisa dilihat dari situ, akan dicek badan lengkap akan ada disitu seperti liver, hipertensi, tulang dan banyak lagi tergantung pengecekanya," jelas Sam.

Menurut Sam, potensial market untuk teknologi yang diterapkannya yakni perusahaan perbankan dan teknologi.

"Perbankan dan teknologi lebih memelihara karyawannya. Jadi memberikan dana lebih untuk asuransi ini. Kalau seorang HRD-nya juga kita kasih akes, sehingga dia bisa melihat keseluruhannya. Seperti karyawan yang kekurangan nutrisi itu bisa terdeteksi," jelas dia.

CXA Group pertama kali hadir di Singapura pada 2013 dan telah memiliki sekitar 500 lebih perusahaan di Singapura. Selain di Singapura, CXA juga hadir di Hongkong dan China. Untuk tahun ini, CXA melakukan ekspansi di tiga negara Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Misi dari perusahaan ini adalah meningkatkan pencegahan resiko kesehatan dari karyawan menggunakan teknologi AI dan Big Data.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini