Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panda Raksasa Albino Langka Ditemukan di China

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 28 56 2061509 panda-raksasa-albino-langka-ditemukan-di-china-BSPfLuKD5h.jpg Panda Albino Raksasa (Foto: Metro)

JAKARTA- Cagar alam nasional Wolong di provinsi barat daya Sichuan, China telah merilis sebuah foto yang menunjukkan seekor Panda putih raksasa. Panda tersebut tengah berjalan melewati semak-semak.

Dilansir dari laman Metro, Rabu (29/5/2019) menariknya para ilmuwan yang mempelajari foto itu telah menentukan bahwa Panda memiliki albinisme, suatu kondisi yang membatasi pigmen kulit melanin.

Kondisi itu tampaknya tidak memengaruhi kesehatan beruang, seperti yang dikatakan oleh cagar alam itu. Panda raksasa tersebut digambarkan dengan kamera inframerah jarak jauh dan diyakini berusia antara satu dan dua tahun, meskipun para ahli tidak dapat memastikannya.

Dari gambar juga masih belum bisa diketahui jenis kelamin binatang itu. Ini diyakini sebagai satu-satunya gambar Panda albino yang pernah diambil. Panda Raksasa adalah salah satu beruang paling langka di dunia, dengan kurang dari 2.000 yang bertahan hidup di alam liar.

Panda Albino ditemukan di Cagar Alam Nasional, China

Baca Juga: Sedih! Panda Tertua di Dunia Tutup Usia

Ilmuwan dari Pusat Penelitian dan Konservasi Tiongkok mengatakan gen albinisme itu resesif dan dapat diturunkan kepada anggota keluarga di populasi Wolong. Tapi, mengingat sifat spesies dan gen yang sangat langka, sepertinya kita tidak akan melihat terlalu banyak panda albino.

Namun, taman itu mengatakan akan memasang lebih banyak kamera inframerah dengan harapan dapat menangkap lebih banyak bukti.

"Jika kita dapat menangkap Panda generasi berikutnya, nilai penelitian akan lebih besar," kata pihak cagar alam.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini