Google Ingin Google Play Store Lebih Ramah Anak-Anak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 30 Mei 2019 12:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 30 207 2062122 google-ingin-google-play-store-lebih-ramah-anak-anak-w4pCPA6Ubz.jpg Ilustrasi Google Play Store (Foto: Android Pit)

JAKARTA- Melalui blog Android Developers, Google mengumumkan serangkaian perubahan yang berlaku untuk setiap aplikasi di Google Play Store. Perubahan tersebbut mengarah pada upaya untuk membuat pasar lebih ramah anak.

Dilansir dari laman BGR, Kamis (30/5/2019) perubahan Google tersebut juga mengatur aspek pengembangan aplikasi seperti cara pengembang menangani data pribadi dan demografi apa yang dipilih untuk ditargetkan oleh pengembang. Pengembang juga sekarang diminta untuk mengungkapkan apakah anak-anak adalah bagian dari audiens yang dituju untuk aplikasi mereka.

Jika anak-anak bukan audiens yang dituju, pengembang masih harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan mereka tidak membiarkan aplikasi mereka menarik bagi anak-anak.Google mengatakan itu juga akan mengawasi aplikasi dengan mempertimbangkan persyaratan baru ini.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami telah membantu orang tua menemukan konten yang ramah keluarga melalui program yang dirancang untuk Keluarga dan memberdayakan mereka untuk menetapkan aturan dasar digital untuk keluarga mereka dengan kontrol orangtua Family Link ," kata Google dalam postingan blog.

Google juga mengungkapkan setelah menerima masukan dari pengguna dan pengembang, pihaknya mengembangkan kebijakan Google Play untuk memberikan perlindungan tambahan bagi anak-anak dan keluarga.

 Google Play Store Lebih Ramah Anak-Anak

Baca Juga: Google Perbanyak Spot Iklan Google Search di Smartphone

"Jika anak-anak dianggap sebagai bagian dari target audiens pengembang untuk aplikasi, pengembang itu sekarang harus memenuhi persyaratan kebijakan dalam aplikasi yang mengatur konten dan penanganan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi," jelas Google.

Kemudian, Google juga mengatakan jika iklan dalam aplikasi yang disajikan untuk anak-anak juga harus sesuai dan disajikan dari jaringan iklan yang memiliki sertifikasi kepatuhan kebijakan Google. Google menekankan dalam posting blog bahwa perubahan memengaruhi setiap pengembang di Play Store. Dengan demikian, ada dua tanggal penting yang perlu diingat sehubungan dengan perubahan ini.

Pertama, pada 29 Mei 2019 semua aplikasi baru harus mematuhi kebijakan terbaru yang terkait dengan anak-anak dan seterusnya. Kemudian, pada 1 September merupakan tanggal di mana pengembang harus membuat pembaruan yang diperlukan untuk aplikasi yang ada. Google memberi pengembang sedikit lebih dari tiga bulan untuk mengisi audiens target baru dan bagian konten dari Google Play Console .

Baca Juga: Gunakan Teknologi AI, Fitur Google Bantu Penyandang Disabilitas

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini