Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Restoran ini Punya Koki Robot

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 30 Mei 2019 17:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 30 207 2062226 unik-restoran-ini-punya-koki-robot-RQqKaOo0kT.jpg Koki Robot di Spyce Kitchen, Boston (Foto: Tech Week)

JAKARTA- Memasak biasanya dilakukan oleh koki, lalu apa jadinya jika masakan dibuat oleh robot. Akan pasti uni, seperti yang terjadi disalah satu restoran di Boston, Spyce Kitchen.

Dilansir dari laman Straitstime, Kamis (30/5/2019) sekelompok mahasiswa robotika dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bermitra dengan koki Daniel Boulud membuat gagasan bahwa makanan bisa dibuat dengan sains, terciptalah tujuh robot yang mampu menyajikan hidangan.

Tujuh robot panci tersebut memasak otomatis yang secara bersamaan menyiapkan makanan dalam tiga menit bahkan kurang.

"Setelah Anda melakukan pemesanan, kami memiliki sistem pengiriman bahan yang mengumpulkan mereka dari lemari es," kata salah satu pembuat, Michael Farid.

"Bahan-bahan dibagi menjadi ukuran yang benar dan kemudian dikirim ke wajan robot, di mana mereka jatuh pada 232 derajat Celcius. Bahan-bahannya dimasak dan setelah prosesnya selesai, wajan miring ke bawah dan memasukkan makanan ke dalam mangkuk Dan kemudian mereka siap untuk dihiasi dan disajikan,"imbuh Farid.

Restoran ini punya koki robot

Baca Juga: Lihat Aksi Robot Ini Masak Telur Dadar

Farid mengatakan robot menambah efisiensi dan menurunkan biaya operasi.

"Restoran kami benar-benar efisien karena orang-orang fokus pada apa yang orang pandai, tetapi robot menangani tugas-tugas volume tinggi seperti memasak dan mencuci, robot yang pandai," katanya.

Spyce mengklaim dirinya sebagai restoran pertama di dunia yang menampilkan dapur robot yang memasak makanan yang kompleks. Di Boston, Robot ini juga bahkan membuat satu mangkuk salad dengan harga USD8 atau sekira Rp100 ribuan.

Baca Juga: Mirip Manusia, Robot Berteknologi AI Gantikan News Anchor

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini