Astronom Temukan Planet Mirip Neptunus

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 31 56 2062631 astronom-temukan-planet-mirip-neptunus-qUC5wZKFMo.jpg Planet Mirip Neptunus (Foto: Gizmodo)

JAKARTA- Tim astronomi internasional telah melaporkan penemuan planet mirip Neptunus yang berjarak sekitar 920 tahun cahaya atau 1,34 hari dari Bumi. Planet ini dijuluki "Planet Terlarang" oleh para peneliti.

Dilansir dari laman Gizmodo, Sabtu (1/5/2019) planet mirip Neptunus ini ditemukan dekat dengan bintang induknya. Menariknya, para astronom menemukan istilah, "Gurun Neptunus," untuk menggambarkan zona bintang yang dekat dan personal ini.

Baca Juga: Setelah Membajak Mars, Kini NASA Akan Kunjungi Uranus dan Neptunus

Astronom Temukan Planet Mirip Neptunus

Baca Juga: Gokil! Astronom Temukan Badai Seukuran Bumi di Neptunus

Tidak seperti planet berbatu yang kecil dan tahan lama, planet seperti Neptunus tidak seharusnya ada pada jarak sedekat itu, karena bintang induknya akan membakar benda berukuran sedang di intinya.

Lebih lanjut, planet mirip Neptunus telah diberi sebutan NGTS-4b ditemukan oleh Next-Generation Transit Survey (NGTS), sebuah teleskop berbasis darat di Observatorium Paranal Observatorium Eropa Southern di Gurun Atacama, Chili.

Baca Juga: NASA Canangkan Misi ke Uranus dan Neptunus pada 2030

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini