Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Brave, Browser Baru Blokir Iklan dan Lebih Cepat dari Chrome

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 17:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 01 207 2062916 brave-browser-alternatif-untuk-google-chrome-dskHHjqeHP.jpg

JAKARTA- Google Chrome menjadi salah satu peramban website yang populer selain Mozila Firefox. Selain kedua website tersebut juga ada Brave yang bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Browser Guide pun membagikan beberapa perbandingan antara Google Chrome dan Brave setelah digunakan selama 6 bulan, berikut ulasannya.

Baca Juga: Google Hadirkan Mode Lite untuk Browser Chrome

1. Kecepatan

Tidak seperti Google Crome, Brave diklaim memblokir iklan dan pelacak secara default.

Hal tersebut memungkinkan situs web di Brave memuat lebih cepat dari Chrome. Di bawah ini adalah tes kecepatan antara Brave, Chrome, dan Firefox.

 Brave, alternatif pengganti Google Chrome

Baca Juga: Tingkatkan Keamanan, Google Chrome Tangkal Unduhan Berbahaya

2. Privacy

Brave memblokir iklan secara default, tidak seperti Chrome, yang membutuhkan ekstensi pihak ketiga seperti AdBlock.

Pada Google Chrome, pengiklan besar seperti Google dan Facebook menggunakan cookie pihak ketiga untuk melacak penjelajahan Anda di hampir setiap situs web.

Dengan memblokir cookie pihak ketiga, Brave membatasi jumlah data yang dapat dikumpulkan Facebook, Google, dan jaringan iklan lain tentang kebiasaan penelusuran Anda.

 3. Keamanan

Brave secara otomatis mengenkripsi koneksi situs web Anda jika memungkinkan di Chrome, ini hanya terjadi dengan ekstensi seperti 'HTTPS Everywhere'.

Brave sekarang juga telah mendukung semua ekstensi Chrome, termasuk pengelola kata sandi populer seperti LastPass dan 1Password.

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, Brave juga sesekali memblokir bagian dari situs web yang ingin Anda muat. Ketika ini terjadi, paling mudah untuk mengklik ikon singa, dan beralih perisai ke bawah.

Sejak pembaruan Brave terbaru, ini jarang diperlukan, mungkin hanya sekali seminggu. Pengguna Brave cukup meroket belakangan ini. Bahkan pengguna Brave naik dari 1 juta menjadi 4,6 juta pengguna pada 2018.

Baca Juga: Google Chrome Bakal Dukung Controller Nintendo Switch

 Brave, alternatif pengganti Google Chrome

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini