Bikin Prank ke Tunawisma, YouTuber Ini Kena Denda dan Dipenjara

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 03 207 2063429 bikin-prank-ke-tunawisma-youtuber-ini-kena-denda-dan-dipenjara-0ISY6AHsiZ.jpg YouTuber, Kanghua Ren (Foto: Mirror)

JAKARTA- Salah satu akun YouTube mendapatkan hukuman denda USD22.300 dan penjara setelah melakukan aksi yang dinilai tak bermoral. YouTuber tersebut adalah ReSet atau yang bernama asli Kanghua Ren.

Dilansir dari laman New York Times, Senin (3/6/2019) Ren membuat konten YouTube yang memperlihatkan dirinya memberikan Oreo berisi pasta gigi kepada Tunawisma di Barcelona. Bukannya mendapatkan apresiasi, Ren otomatis mendapatkan komenter negatif atas tindakannya yang tak lazim.

Selain diberi hukuman penjara dan denda, pengadilan Barcelona dalam putusannya juga memerintahkan akun YouTube Ren dan saluran media sosial lainnya ditutup selama lima tahun.

Baca Juga: Kalahkan PewDiePie, T-Series Capai 100 Juta Subscriber YouTube

Meskipun demikian, kabarnya hukum Spanyol biasanya memungkinkan hukuman di bawah dua tahun bagi pelaku pelanggaran pertama dalam kejahatan tanpa kekerasan untuk ditangguhkan.

Untuk informasi, Ren lahir di Tiongkok tetapi telah tinggal di Barcelona sejak kecil. Ia yang berusia 19 tahun saat itu membuat video iseng dirinya pada awal 2017. Ren menggantikan krim Oreo dengan pasta gigi setelah ditantang oleh salah satu dari 1,2 juta pengikutnya untuk melakukan lelucon.

Ren Kenghua Youtuber yang bikin prank ke tunawisma di akun YouTube miliknya

Baca Juga: YouTube Indonesia Ungkap Tips Menjadi Kreator Sukses

Dia memberikannya kepada pria tunawisma di luar sebuah supermarket, bersama dengan tagihan EUR20. Ren mengklaim jika alasan menggantikan krim dengan pasta gigi adalah untuk membersihkan gigi si tunawisma.

Pria tunawisma itu diidentifikasi sebagai Gheorge L, seorang pria berusia awal 50-an yang lahir di Rumania dan yang pernah bekerja sebagai gembala sebelum pindah ke Barcelona.

Parahnya menurut surat kabar El PaĆ­s, pria tunawisma itu muntah setelah makan kue. Hakim mencatat bahwa Ren telah memperoleh lebih dari EUR2.000 dari pendapatan iklan yang dihasilkan oleh video yang diunggahnya.

"Ini bukan tindakan yang terisolasi. Dalam video lain yang diunggah ke YouTube, Ren juga menampilkan perilaku tak pantas terhadap korban yang rentan," kata hakim Rosa Aragones, dalam putusannya.

Baca Juga: Kesehatan Mental dan Fisik Penting bagi Kreator Konten YouTube

Ren Kenghua Youtuber yang bikin prank ke tunawisma di akun YouTube miliknya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini