Teleskop Hubble Tangkap Foto Galaksi Messier 90

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 03 56 2063473

JAKARTA-Teleskop Luar Angkasa Hubble berhasil menangkap galaksi spiral yang berjarak sekira 60 juta tahun cahaya dari Bima Sakti, Messier 90.

Dilansir dari laman Space, Selasa (4/5/2019) menurut Astronom, Messier 90 merupakan salah satu dari sedikit galaksi yang bergerak menuju Bima Sakti. Para ilmuwan mengatakan bahwa galaksi semakin dekat dengan Bumi karena cahaya yang datang dari Messier 90.

Baca Juga: NASA Ungkap Adanya Ribuan Planet Asing di Galaksi

"Galaksi memampatkan panjang gelombang cahayanya saat bergerak ke arah kita, seperti selip yang tergencet ketika Anda mendorong salah satu ujungnya," kata perwakilan Hubble dalam pernyataan itu.

 Galaksi Messier 90

Baca Juga: Bintang di Antariksa Bisa Mati, Ini Penjelasannya

Pada spektrum cahaya tampak panjang gelombang pendek tampak biru. Jadi, karena cahayanya dikompresi dari sudut pandang di Bumi, Messier 90 menunjukkan fenomena yang disebut " pergeseran biru ," yang menunjukkan kepada para ilmuwan bahwa Messier 90 bergerak lebih dekat kepada Bumi.

Hampir semua galaksi lain yang dapat dimati bergerak menjauh dari Bumi dengan perluasan alam semesta. Menurut pernyataan Hubble. Kita melihat cahayanya membentang ke ujung merah dari spektrum cahaya tampak (disebut pergeseran merah).

Baca Juga: Rasi Bintang Menjadi Jalan Statis bagi Planet-Planet, Ini Penjelasan Alquran

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini