Apple Suntik Mati iTunes, Ini yang Terjadi pada Musik Anda

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 05 207 2063926 apple-suntik-mati-itunes-ini-yang-terjadi-pada-musik-anda-HrimHIYqmA.jpg Ilustrasi iTunes (Foto: BBC)

JAKARTA- Apple telah mengumumkan pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC)2019 bahwa akan mematikan iTunes. Sebagai gantinya, pengguna Mac akan memiliki tiga aplikasi individual khusus untuk musik, podcast, dan TV, mirip dengan pengaturan iPhone saat ini.

Dilansir dari laman CNBC, Rabu (5/6/2019) transisi akan berlangsung ketika macOS Catalina, versi terbaru dari sistem operasi Mac Apple, memulai debutnya pada musim gugur. Meskipun demikian, Apple mengonfirmasi bahwa konten iTunes Anda tidak akan hilang begitu saja ke dalam eter digital.

“Pengguna akan memiliki akses ke seluruh perpustakaan musik mereka, apakah mereka mengunduh lagu atau membelinya," kata pihak Apple.

Perusahaan mengonfirmasi bahwa ketika pengguna Mac memperbarui perangkat lunak mereka, musik yang saat ini ada di perpustakaan Anda akan ditransfer ke aplikasi Apple Music dan pembelian TV dan film akan bermigrasi ke aplikasi Apple TV.

Apple suntik mati iTunes

Baca Juga: iPad Apple Punya Sistem Operasi Baru iPadOS 13, Ini Keunggulannya

Pengguna Mac akan dapat mengakses iTunes Music Store dalam aplikasi Music, dan membeli film dan acara TV di aplikasi TV. Sementara perusahaan berjanji bahwa pengguna tidak akan kehilangan konten, itu adalah pengingat yang baik bahwa file digital dapat datang dengan aturan kepemilikan yang unik.

Ketika Anda secara sah membeli CD fisik, DVD atau buku, misalnya, Undang-Undang Hak Cipta memungkinkan Anda untuk menjual, meminjamkan atau memberikan salinan Anda, karena Anda memilikinya. Tetapi itu tidak berlaku untuk salinan digital, seperti yang dinyatakan syarat dan ketentuan Apple secara eksplisit.

Jadi, jika Anda membeli film melalui iTunes store atau streaming di Amazon, misalnya, Anda pada dasarnya membeli lisensi untuk menonton film selama film itu masih ada di platform, Anda tidak membeli kepemilikan file itu sendiri.

Baca Juga: Ini Cara Instal iOS 13 Beta di iPhone

Baca Juga: Daftar Perangkat yang Kebagian iOS 13 dan iPadOS

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini