Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Universitas Columbia Gunakan AI untuk Perangi Pemanasan Global

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 06 56 2064092 universitas-columbia-gunakan-ai-untuk-perangi-pemanasan-global-ofKjXRPr3N.jpg Ilustrasi Kecerdasan Buatan (Foto: Android Pit)

JAKARTA- Artificial Inteligence (AI) memiliki banyak kegunaan dari medis hingga perangkat cerdas. Tak hanya itu, AI juga kabarnya dapat digunakan untuk tujuan lingkungan.

Dilansir dari laman Android Pit, Senin (10/6/2019) hal tersebut yang dilakukan oleh mahasisi di Universitas Columbia untuk menemukan pendekatan AI dalam memerangi pemanasan global. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya bagaimana AI dapat berperan dalam memerangi pemanasan global.

Baca Juga: Kecerdasan Mesin yang Mampu Deteksi Penyakit

Elemen yang paling penting disini adalah pohon. Banyak pohon tidak dapat menahan bahan, sehingga AI dengan bantuan NASA bertujuan untuk mengidentifikasi mereka yang dapat berdiri tegak dalam badai.

Lebih tepatnya, AI mengidentifikasi jenis pohon yang tidak tumbang, sehingga di masa depan, manusia tahu mana yang akan ditanam. Tujuannya adalah memiliki hutan yang tahan badai.

 AI bantu perangi pemanasan global

Baca Juga: Apakah Kecerdasan Buatan Mampu Membaca Pikiran Manusia?

Tapi apa hubungannya ini dengan pemanasan global? Untuk mempermudah, misalkan pohon menyerap karbon dioksida dari atmosfer, sehingga semakin banyak pohon yang kita miliki, semakin banyak CO2 yang diserap.

Oleh karena itu jelas bahwa pohon-pohon yang tumbang akibat badai tidak memiliki nilai lingkungan, tetapi mempertahankan hutan dengan pohon tahan badai dengan AI memiliki keuntungan yang jelas.

AI bantu perangi pemanasan global

Baca Juga: Teknologi AI Mungkinkan Anda Ketahui Resep Makanan Melalui Foto

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini