Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Bakal Akuisisi Startup Analitik 'Looker' Senilai Rp36,9 Triliun

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 07 Juni 2019 14:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 07 207 2064282 google-bakal-akuisisi-startup-analitik-looker-senilai-rp36-9-triliun-fyc5t640Vr.jpg (Foto: Techcrunch)

JAKARTA - Google mengumumkan bahwa pihaknya akan mengakuisisi Looker, startup analitik. Kabarnya, startup tersebut bisa menghasilkan lebih dari USD280 juta.

Google menyiapkan sekira USD2,6 miliar atau sekira Rp36,9 triliun untuk menambah perusahaan memperkuat layanan Google Cloud, seperti dilansir TechCrunch.

Thomas Kurian, seseorang yang menangani Google Cloud di akhir tahun lalu, melihat dua perusahaan bekerjasama untuk mengerjakan sebuah solusi data analitik untuk pelanggan.

"Kombinasi ini menyediakan sebuah platform analitik end-to-end untuk menghubungkan, mengumpulkan, menganalisis dan memvisualisasikan data Google Cloud, Azure, AWS, on-premises databases dan aplikasi ISV," kata Kurian.

Google Bakal Akuisisi Startup Analitik 'Looker' Senilai Rp36,9 Triliun

Google Cloud telah berada di posisi ketiga di pasar infrastruktur cloud. Dengan mengakuisisi Looker memberikan perusahaan analitik itu dengan track record yang baik.

Sekedar informasi, Looker yang akan diakuisisi Google mengungkap sebanyak USD103 juta dalam pendanaan pada valuasi USD1,6 miliar. CEO Looker, Frank Bien tidak terlalu menunjukkan ketertarikan pada valuasi, ia ingin berbicara tentang angka yang lebih penting untuk disampaikan.

Ia menjelaskan bahwa perusahaan memiliki 1.600 pelanggan saat ini dan telah melewati USD100 juta revenue, pencapaian signifikan untuk perusahaan SaaS. Bien juga melaporkan revenue tetap tumbuh 70 persen dari tahun ke tahun.

Google Bakal Akuisisi Startup Analitik 'Looker' Senilai Rp36,9 Triliun

Baca juga: Ini Daftar Ponsel Terbaik Harga Rp2 Jutaan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini