XL Axiata dan Telkomsel Ungkap Kenaikan Trafik Data Lebaran 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 15:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 10 54 2064980 xl-axiata-dan-telkomsel-ungkap-kenaikan-trafik-data-lebaran-2019-Xox3Hgnnay.jpeg Jajaran Direksi Telko Group dan Telkomsel di Posko Mudik dan Idul Fitri 2019 (Foto: Telkomsel)

JAKARTA- Layanan telekomunikasi, XL Axiata dan Telkomsel mengungkapkan adanya kenaikan trafik layanan data pada saat lebaran 2019. Telkomsel sendiri mengatakan ada kenaikan layanan data hingga 12,3 persen, tertinggi pada H-1 lebaran.

Dari keterangan resminya, Senin (10/6/2019) Telkomsel menyebutkan jika kenaikan trafik ini diukur dari kenaikan layanan data pada hari normal. Kemudian, wilayah dengan kenaikan trafik layanan paling tinggi yakni di Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0 persen dibandingkan hari biasanya. Lalu Jawa Barat sebesar 31,2 persen dan Jawa Timur 26,9 persen.

"Penggunaan layanan data pada momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan LestariBanjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal," kata Denny Abidin, selaku Vice President Corporate Communications.

Lebi lanjut lonjakan yang sama juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Pantai Tirtamaya Indaramayu,Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran BatKerasdan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

 XL Axiata dan Telkomsel ungkap trafik data pada lebaran 2019

Baca Juga: XL Axiata Luncurkan Paket Baru untuk Ramadan

"Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media social mencapai 30,4 %. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atauvideo secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 % terhadap penggunaan layanan data," kata Denny.

Sementara itu, XL Axiata juga mengatakan jika pihaknya mengalami lonjakan trafik data hingga 24 persen saat lebaran dari hari biasa. Selain itu, XL Axiata juga mengungkapkan jika H-1 dan H+1 lebaran 2019 menjadi hari krusial, namun tidak ada problem jaringan yang berarti.

"Selain data, trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3 persen dibandingkan hari biasa. Sedangkan layanan percakapan cenderung mengalami penurunan karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data. Provinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43 persen dan 38 persen dari hari biasa," ungkat Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam keterangan resminya.

 XL Axiata dan Telkomsel ungkap trafik data pada lebaran 2019

Baca Juga: Internet Telkomsel Alami Gangguan, Pelanggan Mengeluh di Medsos

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini