Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat Satelit Jupiter Terlihat dari Bumi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 13:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 11 56 2065246 empat-satelit-jupiter-juga-terlihat-dari-bumi-zlQk9lnyIk.jpg Ilustrasi Jupiter (Foto: Euro News)

JAKARTA- Jupiter dikabarkan tengah mendekati Bumi. Bahkan planet tersebut terlihat dari Bumi pada 10 Juni 2019. Dilansir dari laman Euro News, Selasa (11/6/2019) menariknya jika menggunakan sepasang teropong atau teleskop, menurut NASA empat satelit terbesar Jupiter juga akan terlihat jika benar-benar beruntung.

Tak hanya itu, gambaran sekilas dari awan berpita yang mengeliling planet juga akan terlihat. Hal tersebut lantaran Jupiter mencapai jarak terdekat dari Bumi pada tahun ini.

Baca Juga: NASA Juno Tangkap Foto Badai Besar di Jupiter

Untuk diketahu, Jupiter memiliki 53 bulan bernama. Akan tetapi para ilmuwan berpikir jumlah sebenarnya adalah 79. Namun untuk saat ini yang dapat diamati yakni empat satelit besar yang mengelilingi Jupiter.

Mereka dikenal sebagai satelit Galilea, setelah astronom Italia yang pertama kali mengamati mereka pada 1610, Galileo Galilei. Nama-nama keempat bulan itu adalah Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Untuk informasi, Jupiter dapat diamati hingga Juli 2019. Meskipun demikian puncak paling terangnya diprediksi pada 10 Juni 2019. Untuk dapat melihat Jupiter disarankan untuk mencari tempat yang terhindar dari polusi cahaya dan udara. Kemudian, cuaca juga mempengaruhi terlihatnya planet Jupiter.

Empat Satelit Besar Jupiter Terlihat dari Bumi

Baca Juga: Objek Misterius Ini Punya Medan Magnet 200 Kali Lebih Kuat dari Jupiter

Baca Juga: Penampakan Lingkaran Merah Jupiter Hilang 20 Tahun Lagi?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini