Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awal Mula Terbentuknya Jupiter

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 11 56 2065414 awal-mula-terbentuknya-jupiter-7RxeaDzYGZ.jpg Ilustrasi Jupiter (Foto: New York Daily News)

JAKARTA- Jupiter merupakan salah satu planet raksasa di tata surya. Planet ini juga sering dijuluki Jove yang berarti dewa langit atau raja para dewa dalam mitologi Romawi.

Dilansir dari laman Forbes, Rabu (12/6/2019) Jupiter memiliki ukuran hingga 11 kali ukuran bumi. Saat ini Jupiter telah mencapai oposissi yakni ketika Bumi berada tepat diantara Jupiter dan Matahari.

Hal tersebut membuat Jupiter dapat diamati dari Bumi dengan cahaya paling terang sepanjang tahun yang terjadi puncaknya pada 10 Juni 2019. Tak hanya itu, Jupiter juga dapat diamati dari Bumi hingga Juli 2019.

Baca Juga: Penampakan Lingkaran Merah Jupiter Hilang 20 Tahun Lagi?

Planet kelima di tata surya ini awalnya merupakan asteroid es yang jauh dari Matahari. Saat ini Jupiter dikenal sebagai sekumpulan gas panas.

"Jupiter terbentuk jauh dari Matahari dan kemudian bermigrasi ke orbitnya saat ini," kata Simona Pirani, mahasiswa doktoral astronomi di Lund University.

 Awal mula Jupiter adalah asteroid es

Baca Juga: Empat Satelit Jupiter Terlihat dari Bumi

Lebih lanjut, para peneliti juga mengungkapkan jika Jupiter dibentuk empat kali lebih jauh di tata surya sebelum bermigrasi ke tempatnya saat ini.

Menurut perhitungan, migrasi Jupiter berlangsung selama sekitar 700.000 tahun, dalam periode sekitar dua hingga tiga juta tahun setelah Jupiter memulai hidupnya sebagai asteroid es yang jauh dari Matahari.

Didorong oleh kekuatan gravitasi dari gas di sekitarnya, perjalanan Jupiter dimulai sebagai planet muda tanpa atmosfer gas. Saat bergerak ke dalam, ia mengkonsumsi asteroid Trojan yang mungkin merupakan intinya.

Saat ini, Jupiter kabarnya dikeliling sekira 79 satelit dan memiliki cincin awanmirip dengan Saturnus.

Baca Juga: Objek Misterius Ini Punya Medan Magnet 200 Kali Lebih Kuat dari Jupiter

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini