Capai Titik Terdekat, Planet Saturnus Bakal Terlihat pada Juli 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 11:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 13 56 2066206 capai-titik-terdekat-planet-saturnus-bakal-terlihat-pada-juli-2019-4Lj2pJJBOQ.jpg (Foto: Solarsystem.nasa.gov)

JAKARTA - Belakangan ini langit malam tampak dihiasi oleh penampakan planet yang seolah mendekati Bumi. Pada 10 Juni, Jupiter mencapai oposisinya, di mana planet berada di antara Bumi dan Matahari.

Dilansir dari laman Solar System, Kamis (13/6/2019), menariknya, pada 9 Juli 2019 Saturnus juga akan berada pada titik terdekat dan paling terang dari planet Bumi. Hal tersebut lantaran Saturnus akan berseberangan dengan Bumi dari Matahari.

Baik Jupiter atau Saturnus akan tampak bergeser ke arah barat selama beberapa bulan mendatang, membuat mereka terlihat lebih awal di langit malam.

Dengan Bantuan Teleskop Empat Satelit

Planet Jupiter juga kabarnya akan terlihat terang yakni Ganymede, Callisto, Europas, dan Io. Untuk Saturnus, dengan menggunakan teleskop Anda juga dapat melihat cincin-cincin yang menyala terang serta gerakan bulan-bulan Saturnus, khususnya satelit terbesarnya Titan.

Lebih lanjut, pada bulan ini bulan purnama juga akan terjadi pada 17 Juni 2019. Bulan akan muncul penuh selama sekitar tiga hari sekitar Sabtu malam hingga Selasa pagi. Di Amerika, fenomena ini disebut dengan Strawberry moon.

 Planet Saturnus

Baca juga: NASA: Saat Ini Waktu yang Tepat Manusia Tinggalkan Bumi

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini