Xiaomi hingga Tencent Turut Bantu Huawei dalam Pengembangan OS

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 12:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 14 207 2066409 xiaomi-hingga-tencent-turut-bantu-huawei-dalam-pengembangan-os-xuQj5XpYGq.jpg Ilustrasi (Foto: Tech Lapse)

JAKARTA- Langkah Huawei untuk membuat sistem operasinya sendiri tampaknya semakin matang. Selain Oppo dan Vivo yang juga mendukung dalam pengembangan sistem operasi. Kali ini Tencent dan Xiaomi juga turut mendukung uji coba dan pengembangan sistem operasi Huawei yang dijuluki Hongmeng OS atau Oak OS.

"Huawei dilaporkan secara intensif menguji sistem operasi miliknya HongMeng dengan raksasa internet dan vendor ponsel pintar domestik (China), dan sistem baru akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan," seperti dilaporkan oleh Global Times, dilansir dari laman Forbes, Kamis (14/6/2019).

Tampaknya ini akan menjadi upaya perusahaan teknologi China untuk melawan dominasi AS yang mulai melakukan pelarangan bagi beberapa perusahaan China.

 Tencent dan Xiaomi dukung Huawei

Baca Juga: Gedung Putih Tunda Pelarangan Huawei Selama 2 Tahun

Larangan AS dapat menjadi ancaman China untuk memecah ekosistem ponsel cerdas global untuk memberikan alternatif bagi perangkat lunak dan layanan Android Google yang lengkap. Jika Huawei dan pemerintah dapat menggalang pemain China terkemuka lainnya, demikian teorinya, ini menjadi lebih dari sekadar upaya satu perusahaan untuk bertahan dalam daftar hitam.

Raksasa teknologi Tencent, serta pembuat smartphone Xiaomi, Oppo dan Vivo, secara aktif bekerja sama dengan Huawei untuk mendorong perilisan HongMeng OS, yang juga dianggap sebagai pukulan besar terhadap tindakan keras pimpinan AS.

Ada laporan bahwa OS baru akan diluncurkan pada peluncuran Huawei Mate 30 yang diantisipasi oleh Huawei pada musim gugur.

Baca Juga: Huawei Sudah Lama Kembangkan Sistem Operasi, Bakal Jadi Rival Android?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini