Huawei Tunda Penjualan Ponsel Lipat, Ini Alasannya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 14 57 2066611 huawei-tunda-penjualan-ponsel-lipat-ini-alasannya-7lcRTf8n3l.jpg Ilustrasi (Foto: Android Pit)

JAKARTA- Huawei dikabarkan menunda peluncuran ponsel lipatnya, Mate X pada September 2019. Seperti diketahui, ponsel lipat tersebut kabarnya akan meluncur pada Juni 2019, setelah diperkenalkan pada ajang MWC 2019 di Barcelona pada Februari 2019.

Dilansir dari laman The Verge, Sabtu (15/6/2019) Huawei mengungkapkan dalam wawancara dengan Wall Street Journal jika pihaknya tengah melakukan pengujian ekstensif untuk memastikan perangkat siap digunakan konsumen.

Tak hanya itu, Huawei juga mengklaim jika pihaknya lebih berhati-hati setelah Samsung gagal menjual Galaxy Fold lebih awal. Seperti diketahui, ponsel Samsung mengalami masalah pada layar saat dilakukan uji coba oleh jurnali dan tech reviewer.

Galaxy Fold seharunya sudah dijual mulai April 2019, saat ini beberapa pre-order bahkan telah dibatalkan untuk waktu yang masih belum ditentukan.

"Kami tidak ingin meluncurkan produk untuk menghancurkan reputasi kami," kata juru bicara Huawei.

Tak hanya itu, kemungkinan hal yang menjadi pertimbangan Huawei adalah masalah mengenai larangan Huawei oleh Pemerintah AS baru-baru ini.

Huawei tunda peluncuran ponsel lipat, ini alasannya

Baca Juga: Vivo dan Oppo Dukung Pengembangan Sistem Operasi Huawei

Seperti diketahui, Huawei telah masuk dalam Daftar Entitas. Hal tersebut membuat perusahaan-perusahaan Amerika tidak dapat menjual atau melisensikan teknologi apa pun kepada perusahaan.

Hal tersebut cukup merepotkan bagi Huawei, terutama ketidakmampuannya untuk melisensikan versi lengkap sistem operasi Android milik Google. Huawei juga dikabarkan tengah menyiapkan sistem operasinya sendiri untuk mengganti Android, yang dijuluki Hongmeng OS atau Oak OS.

Kemudian, apakah Mate X yang akan mulai diedarkan pada September 2019 akan menggunakan Android atau bukan masih belum diketahui.

Juru bicara perusahaan mengatakan kepada CNBC bahwa ia akan memilih untuk menggunakan Android milik Google, namun jika terpaksa dilarang untuk menggunakan Android pihaknya siap menggunakan sistem operasinya sendiri.

Huawei Mate X diperkenalkan pertama kali pada Februari 2019. Ponsel memiliki panel OLED 8-inci yang bisa dilipat, RAM 8GB, tiga kamera, serta dukungan 5G.

Baca Juga: Terkait Lisensi Paten, Huawei Minta Verizon Bayar USD1 Miliar

Baca Juga: Gedung Putih Tunda Pelarangan Huawei Selama 2 Tahun

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini