Apakah OS Buatan Huawei Bakal Gantikan Android?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 12:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 17 207 2067273 apakah-os-buatan-huawei-bakal-gantikan-android-b9qXl9kmg8.jpg Ilustrasi Huawei (Foto: Androit Pit)

JAKARTA- Berita tentang Huawei telah menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Seperti diketahui, Pemerintah AS telah menempatkan Huawei pada daftar entitas pada perdangangan AS, 

Hal tersebute membuat Huawei tidak dapat bekerjasama dengan perusahaan Amerika, seperti Google. Masalah ini pun menjadi buntut yang lebih panjang, dimana Huawei tak dapat menggunakan sistem operasi Android milik Google.

Huawei pun dikabarkan membuat sistem operasinya sendiri untuk mengatasi hal tersebut. Akun YouTube Mrwhosetheboss pun mengungkapkan apakah sistem operasi Huawei mampu menggantikan dominasi Android.

"Alasan di blacklistnya Huawei lantaran masalah keamanan. Bahkan masalah tersebut berdampak di negara lain, seperti UK di mana dua operator besar EE dan Vodafon telah mengakhir hubungan kerjasama dalam jaringan 5G," kata pria yang akrab disapa Arun tersebut dalam videonya.

 Sistem operasi Huawei bakal gantikan Android

 Baca Juga: Huawei Beri Imbalan Besar untuk Negara yang Menerimanya

Untuk diketahui, tampaknya Huawei telah menyiapkan sistem operasinya sejak lama. Bahkan, sistem operasi milik Huawei telah dikembangkan sejak 2012 di sebuah villa di Shenzhen. Ini awalnya merupakan pertemuan rahasia oleh para petinggi Huawei.

Sistem operasi tersebut dinamai Hongmeng OS untuk di China dan Oak OS secara internasional. Menariknya lagi, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Tencent pun bahkan telah mendukung uji coba sistem operasi milik Huawei. Sistem operasi milik Huawei ini diklaim memiliki kecepatan sekira 60 persen lebih cepat dari Android.

Menariknya, Arun mengungkapkan jika seluruh ponsel dari Oppo, Vivo, dan Xiaomi akan menggunakan Hongmeng OS juga. Ini akan menjadi ekosistem sistem operasi yang baru.

"Google tak ingin ini terjadi, dan Google tidak ingin Huawei menggunakan sistem operasinya sendiri dan memiliki toko apliksinya sendiri. Seperti diketahui Google telah memonopoli banyak smartphone di dunia, banya smartphoene yang telah menggunakan Android dan Google mendapatkan uang dari itu semua," jelas Arun.

Sistem operasi Huawei bakal gantikan Android

Baca Juga: Vivo dan Oppo Dukung Pengembangan Sistem Operasi Huawei

Arun menambahkan jika Google mendapatkan uang dari google play store, google maps, google play music. Saat ini Google tengah meyakinkan Pemerintah Amerika jika langkah untuk memblokir Huawei akan meningkatkan resiko keamanan, dimana Malware akan semakin meningkat.

Arun memberi contoh di mana saat sistem operasi miliki Huawei akan brekirim pesan ke ponsel Samsung misalnya, akan meningkatkan Malware. Namun yang pasti ini hanya argumen dari Google untuk menghentikan langkah Huawei.

"Ada kemungkinan jika sistem operasi Huawei akan diluncurkan tahun ini dan diperkirakan akan debut pada ponsel Huawei Mate 30 miliknya," jelas Arun.

 

Baca Juga: Huawei Bakal Sematkan Layar 90Hz di Mate 30 Pro

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini