Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Polri Menangani Para Penyebar Hoaks

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 13:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 19 207 2068245 begini-cara-polri-menangani-para-penyebar-hoaks-HHZyYoDEc1.jpg

Maraknya peredaran hoaks di media sosial membuat Kepolisian Republik Indonesia mesti turun tangan. Sebeum ditindak, polri pada dasarnya sudah melakukan pencegahan dengan literasi digital. Namun bila pelaku penyebar konten hoaks nekat, mau tidak mau Polri menempuh jalur hukum.

Karopenmas Div Humas Polri Brigjen (pol) Dedi Prasetyo menyebutkan, dari media sosial rekam jejak seseorang akan digali oleh laboratorium digital. Tim Direktorat Silber akan menyelidiki para pelaku menyebarkan konteks hoaks melalui apa, seperti handphone, PC, dan komputer lainnya.

"Saat tersangka menyebarkan konten hoaks itu menggunakan handphone, polisi dapat menelusuri dan mengetahui pelaku menyebarkan juga melalui WhatsApp grup miliknya,”ujar Dedi.

Baca Juga : Grup WhatsApp Bisa Dipantau Polisi Bila Pengguna Terkait Kasus Hukum

Data dari WhatsApp grup ini lalu dianalisis sekaligus dicari tahu siapa lagi yang menyebarkan,”Bisa dimintai keterangan sebagai saksi maupun juga jika dia menyebarkan secara berulang dan signifikan yang bersangkutan bisa menjadi pihak terduga," jelas Dedi.

Dedi menegaskan, selanjutnya pengecekan WhatsApp (kontek hoaks) dilakukan di ponsel tersangka yang sudah ada di penyelidik.

"Jadi, tidak ada patroli WhatsApp. Tidak mungkin juga kita cukup tenaga memantau seluruh WhatsApp. Hampir 150 juta orang Indonesia yang menggunakan ponsel. dan pengguna aktif ada 33 juta orang," tegas Dedi.

Baca Juga : Polri : Hingga Kini, Patroli Whatsapp Belum Pernah Dilakukan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini