Asteroid Menyimpan Emas Bisa Bikin Orang Kaya Mendadak

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 13:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 01 56 2073112 asteroid-menyimpan-emas-bisa-bikin-orang-kaya-mendadak-3akWaXa70X.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Asteroid merupakan benda luar angkasa yang bisa jatuh ke Bumi sebagai meteor. Batu luar angkasa ini ketika sampai ke atmosfer Bumi, sebagiannya bisa saja terbakar dan sebagian lain berhasil mendarat ke Bumi menjadi meteorit.

Dijelaskan bahwa meteorit yang merupakan sisa-sisa meteor biasanya terdiri dari ikatan mineral nikel dan besi. Muatan nikel atau besi mungkin tidak terlalu menarik perhatian ketimbang temuan 16 Psyche, raksasa asteroid yang kabarnya mengandung emas dan logam lainnya, seperti diberitakan Bigthink, Senin (1/7/2019).

Asteroid yang melayang antara Mars dan Jupiter ini merupakan batu luar angkasa yang diestimasi memiliki kandungan senilai USD700 quintillion. Angka yang fantastis tersebut berkat semua kandungan logam yang disimpan oleh asteroid tersebut.

Meskipun diyakini mengandung emas dan logam lainnya, untuk menambang atau mengambil kandungan asteroid tersebut adalah tantangan yang besar. Untuk bisa menambang asteroid tersebut bukan perkara mudah.

16 Psyche merupakan batu luar angkasa yang benar-benar masif dengan diameter lebih dari 200 kilometer (120 mil). Ini adalah salah satu asteroid terbesar yang berada di sabuk asteroid.

 Asteroid merupakan benda luar angkasa yang bisa jatuh ke Bumi sebagai meteor.

Para ahli, seperti Profesor Zarnecki dari Royal Astronomical Society, memperkirakan bahwa manusia mungkin sampai 50 tahun lagi untuk dapat melakukan operasi penambangan komersial sebesar itu.

Untuk memulai, NASA berencana mengirim Discovery Mission ke asteroid pada 2022, yang akan tiba di sana pada 2026.

Situs Newspostleader mengungkapkan sebuah objek yang ditemukan pertama kali pada 17 Maret 1852, yakni 16 Psyche ialah asteroid logam raksasa yang dihargai cukup tinggi. Besarnya nilai yang dikandung asteroid tersebut dikatakan bisa mengubah semua orang di Bumi menjadi miliarder.

 Asteroid merupakan benda luar angkasa yang bisa jatuh ke Bumi sebagai meteor.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang iPhone 11

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini