Rayakan 50 Tahun, NASA Pulihkan Ruang Mission Control Apollo 11

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 17:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 01 56 2073231 rayakan-50-tahun-nasa-pulihkan-ruang-mission-control-apollo-11-5ORw9CFUUd.jpg (Foto: Twitter/@NASA_Johnson)

JAKARTA - NASA, badan antariksa Amerika Serikat memulihkan kembali ruang mission control Apollo 11. Ruang tersebut memiliki sejarah karena membantu Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menginjakkan kaki di permukaan Bulan.

Dilansir Metro.co.uk, Senin (1/7/2019), berlokasi di Johnson Space Center, pusat misi luar angkasa yang paling terkenal memiliki histori 50 tahun yang lalu. NASA memperlihatkan foto-foto ruang mission control ini melalui Twitter.

Setelah dipulihkan, ada elektronik yang berfungsi, perabotan yang akurat, dan bahkan rokok serta minuman ringan tahun 1960-an.

Tim yang bertanggung jawab atas pemulihan menjelajahi eBay untuk mencari bahan paling otentik yang mereka bisa temukan.

"Apollo menarik perhatian dunia dan menunjukkan kekuatan visi dan teknologi Amerika, yang telah mengilhami generasi dari pencapaian besar dalam eksplorasi ruang angkasa, dan penemuan ilmiah," kata Direktur Johnson, Mark Geyer.

Ia mengatakan, tujuan 50 tahun lalu adalah untuk membuktikan bahwa pihaknya dapat mendaratkan manusia di Bulan dan mengembalikan mereka ke Bumi dengan aman.

"Tujuan kami sekarang adalah kembali ke Bulan untuk tinggal, secara berkelanjutan. Saya senang fasilitas ini terbuka untuk umum untuk dilihat. Ini adalah harapan saya bahwa itu akan menjadi inspirasi bagi generasi yang akan datang," tuturnya.

Tim restorasi termasuk perwakilan dari tim Kontrol Misi Apollo yang mendukung para astronot dalam misi mereka. Potongan-potongan di ruang kontrol yang dipulihkan, galeri pengunjung dan ruang pendukung simulasi yang berdekatan adalah artefak asli yang dibersihkan serta dipulihkan.

Ini termasuk warna cat, karpet, cangkir kopi, dan bahkan asbak. Semua artefak ditempatkan persis seperti 50 tahun lalu.

"Dengan mengembalikan Pusat Kontrol Misi Apollo, NASA melestarikan sejarah yang kaya dari pencapaian luar biasa dalam penerbangan luar angkasa manusia," kata Restoration Project Manager Jim Thornton.

Baca juga: Asteroid Menyimpan Emas Bisa Bikin Orang Kaya Mendadak

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini